get app
inews
Aa
Read Next : Asal Usul Danau Toba, Letusan Gunung Supervulkan Sepanjang Sejarah di Bumi

Hidden Gem! Gua Berbalut Kristal dan Permata

Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:20 WIB
header img
Ilustrasi Gua (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.Medan.id - Gua dengan pemandangan yang eksostis hanya bisa dijelajahi seumur hidup. Pasalnya gua ini terbentuk secara alami dan jarang dijumpai.

Gua biasanya diidentifikasi sebagai tempat yang lembap, basah, dan gelap karena minimnya sumber cahaya. Gua dulunya sering dijadikan sebagai tempat berlindung, pemakaman, bahkan tempat tinggal.

Seiring berkembangnya waktu, penjelajahan gua baru muncul dalam beberapa dekade terakhir. Banyak gua paling mengesankan di dunia baru ditemukan sejak 1960-an. Beberapa di antaranya bahkan menyuguhkan keindahan pemandangan alam menakjubkan.

Lalu, mana saja gua yang paling menakjubkan di dunia. Berikut ini informasinya, dikutip dari Mental Floss, Jumat (17/3/2023).

Gua paling menakjubkan di dunia 

1. Gua Son Doong (Vietnam)

Gua ini ditemukan oleh pemanen kayu Ho Khanh pada awal 1990-an, tetapi belum dijelajahi hingga 2009. Gua Son Doong terletak di hutan terpencil Vietnam memegang gelar gua terbesar di dunia berdasarkan volume. Son Doong adalah jaringan terowongan dan gua yang luas.

Saking besarnya gua ini sanggup berisi seluruh blok Kota New York lengkap dengan bangunan 40 lantai. Bagian langit-langit gua telah runtuh, menciptakan langit-langit raksasa yang disebut dolines. Ini memungkinkan kehidupan berkembang ratusan kaki di bawah lantai hutan.

2. Gua Mammoth (Kentucky, Amerika Serikat)

 

Gua Mammoth di Kentucky adalah sistem gua terpanjang di dunia pada tahun 2023, dengan total sekitar 680 kilometer yang telah dijelajahi. Para ilmuwan memperkirakan kebih dari 950 kilometer lainnya belum ditemukan berdasarkan pengukuran pergerakan udara di dalam gua. Gua Mammoth telah menarik pengunjung sejak tahun 1800-an. Lorong bawah tanah sepanjang 16 kilometer kini dapat diakses oleh wisatawan.

3. Gua Veryovkina (Abkhazia, Georgia)

Veryovkina adalah gua terdalam di dunia yang membentang lebih dari 2.000 meter di bawah permukaan. Dibutuhkan speleolog profesional sekitar satu minggu untuk turun dan kembali ke atas. Gua ini memiliki air terjun, tekanan yang ketat, dan rintangan yang curam. Tapi hasilnya sangat indah. Ujung gua Veryovkina adalah danau biru kehijauan yang indah dengan panjang sekitar 15 meter dan lebar 7 meter. Tempat ini dikelilingi oleh batu kapur hitam legam.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut