get app
inews
Aa Read Next : 5 Bidadari Bulu Tangkis Tercantik di Dunia, Nomor 3 Goh Liu Ying

Globalisasi Proses Ataupun Pengarahan Pada Penyatuan Seluruh Warga Dunia

Selasa, 14 Maret 2023 | 13:00 WIB
header img
Globalisasi Proses Ataupun Pengarahan Pada Penyatuan Seluruh Warga Dunia. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Globalisasi merupakan proses ataupun pengarahan pada penyatuan seluruh warga dunia, di mana warga seluruh dunia menyatu menjadi satu kelompok masyarakat yang global. Globalisasi juga memberikan pengaruh pada suatu proses meluasnya budaya ke penjuru dunia, dapat dikatakan sebagai fenomena khusus yang ada pada kehidupan masyarakat secara global.

Teori dan studi kasus Globalisasi Oleh Rikka Pratiwi Walga, S.AB Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara.

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Lanjutan, Dosen Pengampu Dr. Endang Sulistya Rini, SE, M.Si.

Pada abad ke 11 lahirnya globalisasi, di mana kehidupan di dunia ini semakin kompleks ataupun dapat dikatakan saling ketergantungan antara negara satu dengan negara yang lain, berdasarkan hal tersebut muncullah unsur dari Globalisasi. Di mana Globalisasi yaitu hilangnya batas antara negara karena adanya sistem informasi yang saling terbuka, selain itu ada juga adanya pasar bebas di Era Liberalisasi Globalisasi berasal dari kata globe dan Ization, globalisasi memiliki arti peta bumi yang bulat.

Dapat disimpulkan bahwasanya Globalisasi merupakan proses ataupun pengarahan pada penyatuan seluruh warga dunia di mana warga seluruh dunia menyatu menjadi satu kelompok masyarakat yang global, globalisasi juga memberikan pengaruh pada suatu proses meluasnya budaya ke penjuru dunia, dapat dikatakan sebagai fenomena khusus yang ada pada kehidupan masyarakat secara
global. Globalisasi menyebabkan ruang atau tempat semakin sempit karena dengan adanya transportasi, komunikasi, dan perekonomian global yang maju mendorong semakin mudahnya berkomunikasi dengan negara lain maka semakin sempit ruang untuk bertemu.

Dengan adanya globalisasi dapat memudahkan masyarakat dari seluruh penjuru dunia untuk menimbulkan gagasan-gagasan baru atas dasar kepentingan global. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang turut terkena arus globalisasi. Banyak dampak yang dihasilkan dari perkembangan global terutama pada aspek kehidupan dalam bidang pendidikan. Pendidikan dapat diartikan sebagai proses pematangan hidup, di mana dengan adanya pendidikan ini diharapkan dapat mematangkan kualitas hati, Ahlak, logika serta keimanan.

Penelitian yang di lakukan oleh Yuliana Setyawati, Qori Septiani, Risky Aulia Ningrum & Ratna Hidayah Universitas Sebelas Maret Surakarta mengenai Imbas Negatif Globalisasi terhadap Pendidikan di Indonesia. Dengan hasil adanya globalisasi menyebabkan beberapa perbedaan di sistem pendidikan. Misalnya pada komersialisasi pendidikan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut