get app
inews
Aa Read Next : Kolesterol Tinggi, Berikut 4 Jus yang Cocok Dikonsumsi Tiap Hari

3 Jenis Minyak Goreng Anti Kolesterol Jahat, Aman Digunakan 

Rabu, 08 Maret 2023 | 18:54 WIB
header img
Minyak zaitun salah satu minyak goreng anti kolesterol yang bisa menjadi pilihan bagi penderita kolesterol tinggi. Foto: Pixabay/Steve Buissinne

JAKARTA, iNewsMedan.id - Penderita kolesterol tinggi sudah seharusnya menjaga pola asupan. Seperti memilih jenis minyak goreng yang aman dikonsumsi sehari-hari, agar tidak meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mencoba menggunakan minyak goreng non-kolesterol ini. Diketahui minyak non kolesterol berasal dari bahan nabati, seperti canola, jagung, zaitun, kedelai, hingga biji bunga matahari.

Berikut 3 minyak goreng non kolesterol, baik untuk penderita kolesterol tinggi, antara lain;

1. Minyak Zaitun

Minyak ini sumber vitamin E dan antioksidan yang baik yang disebut polifenol. Menurut penelitian menunjukkan makan 1  1/2 sendok makan (20 gram) minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Penyakit ini bisa dialami oleh mereka menderita kolesterol tinggi. Sehingga banyak digunakan dalam masakan Mediterania karena rasanya yang kaya, keserbagunaan, dan manfaat kesehatan jantung.

2. Minyak canola

Minyak goreng non kolesterol pertama yang disarankan baik untuk penderita kolesterol tinggi. Sumber baik dari MUFA (dan beberapa PUFA), titik asap minyak canola tinggi membuatnya menjadi pilihan baik untuk memanggang, memasak dalam oven, dan menggoreng.

Juga kandungannya tinggi asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3. Canola memiliki rasa ringan dapat digunakan dalam saus salad, bumbu perendam, saus dan baiknya bebas kolesterol.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut