get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Anton Sukartono Ajak Generasi Muda Promosikan Budaya Indonesia Lewat Konten Digital

Jum'at, 24 Februari 2023 | 14:39 WIB
header img
Wayang merupakan salah satu budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsMedan.id- Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas yakni 1.905 juta kilometer persegi. Selain itu Indonesia juga  memiliki banyak suku sehingga melahirkan banyak budaya yang muncul. Maka dari itu, kebudayaan yang lahir harus senantiasa dilestarikan dan dipromosikan generasi ke generasi yang akan datang. 

Anggota Komisi I DPR RI, Anton Sukartono Suratto dalam sambutannya pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator bertema Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital, Kamis (23/2). menyampaikan bahwa perputaran informasi serta kemajuan teknologi digital mengakibatkan kebudayaan di Indonesia saat ini mengalami pergeseran. 

“Melestarikan kebudayaan merupakan upaya yang dilakukan agar dapat memeprtahankan nilai-nilai serta budaya yang ada di Indonesia. Dengan masuknya kemajuan teknologi digital yang sangat cepat saat ini, mengakibatkan kebudayaan saat ini mengalami pergeseran. Salah satu penyebabnya adalah anak-anak sekarang ini lebih tertarik dengan adanya gadget, sehingga ketertarikan akan budaya-budaya tradisional berkurang. Apabila hal-hal tersebut terus terjadi dan tidak diatasi, maka budaya Indonesia akan terancam hilang dan dikhawatirkan dapat diambil atau diakui oleh negara lain,”ucap Anton.

Anton juga menambahkan dengan perputaran informasi yang sangat cepat terutama dalam media digital dapat dimanfaatkan sebagai media promosi untuk memperkenalkan kebudayaan serta melestarikan budaya Indonesia, serta mengampanyekan pesan keragaman Bhineka Tunggal Ika.

Berdasarkan survey dari Hotsuite Januari 2023 bahwa jumlah penduduk Indonesia bertambah 0,6% (1,8 juta jiwa). Dalam menggunakan internet, 77% masyarakat Indonesia juga meningkat 5,2% (10 juta pengguna) dan pengguna sosial media yang aktif mencapai 60,4% dari total penduduk.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia, Nuning Rodiyah mengatakan bahwa karya budaya yang sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda Indonesia tercatat sejumlah 1.239 hingga 2020. Oleh karena itu, dengan adanya media digital yang berkembang, diharapkan dapat digunakan sebagai media promosi. 

Karena media merupakan sarana yang tepat dan strategis untuk sekarang ini. Agar dalam promosi budaya di media digital dapat efektif, maka seharusnya meningkatkan kapasitas literasi.

“media digital merupakan sarana yang strategis dalam mempromosikan budaya Indonesia secara masif. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas literasi kita, agar dalam mempromosikan budaya dalam media digital tetap efektif yakni dengan kemampuan mengakses dengan mudah, kemampuan untuk melakukan analisis terhadap konten yang diasup, kemampuan untuk mengevaluasi dan mengkritisi konten serta berkontribusi dalam pengawasan, lalu yang terakhir adalah kemampuan untuk memberikan apresiasi terhadap konten yang positif dan inspiratif,"tutur Nuning.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut