get app
inews
Aa Read Next : Schneider Electric Dukung Pengembangan Industri dan Bangunan Hijau Melalui Solusi Digital

Ngobrol Bareng Legislator: Nilai-nilai Pancasila Harus Ditanamkam  dalam Dunia Digital

Sabtu, 18 Februari 2023 | 13:15 WIB
header img

Menurut beliau, sebetulnya infrastruktur Indonesia berada di atas negara-negara dengan minat baca yang lebih tinggi. Namun, dengan infrastruktur yang sudah ada, Indonesia masih memiliki tingkat minat baca yang sangat rendah.   

“Dalam menggunakan media sosial, masyarakat lebih minat dalam berkomentar dibandingkan membaca. Kadang-kadang mereka cuma baca headlinenya aja itu udah emosi dan langsung berkomentar. Padahal mereka belum membaca beritanya secara keseluruhan.” Tutur Sirajuddin. 

Dengan banyaknya hal tersebut, saat ini tingkat bullying di media sosial sangat tinggi. Berita hoax juga tersebar dengan mudahnya di masyarakat. Kominfo menemukan 9.546 berita hoax telah tersebar di berbagai platform media sosial di Internet. 

Sejalan dengan Anton dan Evri, Sirajuddin mengatakan jika salah satu penyebab dari rendahnya literasi digital masyarakat adalah tidak ditanamkannya nilai Pancasila di masyarakat. Maka dari itu, masyarakat perlu lebih menanamkan nilai-nilai Pancasila di setiap hal di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Dengan begitu, literasi digital masyaraat dapat meningkat dan menciptakan pemuda berkarakter Pancasila di era digital," pungkasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut