get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

6 Cara Mencegah Rasa Sakit Akibat Migrain, Nomor 3 Mengonsumsi Minuman Berkafein

Minggu, 12 Februari 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi migrain (Foto: Watauga hearing)

MEDAN, iNewsMedan.id - Migrain merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun, cara ini bisa mencegah rasa sakit akibat migrain.

Kadang migrain ini terjadi dalam waktu singkat, tapi bisa juga durasinya lama. Penting untuk tahu cara mengelolanya, agar migrain yang dirasakan tidak ditambah dengan rasa sakit.

Mengutip Mayo Clinic, coba beberapa cara sederhana untuk mencegah rasa sakit akibat migrain.

1. Cari tempat tenang: istirahat dan menjauhlah dari aktivitas apa pun yang dilakukan jika memungkinkan. Padamkan lampu karena sinar dan suara dapat memperparah nyeri migrain dan cobalah untuk tidur jika bisa.

2. Terapi suhu: Oleskan kompres panas atau dingin ke kepala atau leher. Es memberikan efek mati rasa, yang dapat menghilangkan rasa sakit. Sementara mandi air hangat atau berendam kemungkinan memiliki efek yang serupa.

3. Minum minuman berkafein: Kenapa? Karena konsumsi dalam jumlah kecil, kafein sudah bisa meredakan nyeri migrain pada tahap awal. Kafein disebut juga bisa meningkatkan efek pereda nyeri dari acetaminophen (Tylenol, lainnya) dan aspirin. Ingat, jangan terlalu banyak minum kafeinnya ya!

4. Tidur nyenyak: Migrain sering kali dipicu oleh kurang tidur di malam hari. Cobalah untuk tidur yang nyenyak agar tidak memicu migrain muncul.

5. Makan teratur dan bergizi: Jangan suka skip makan, karena bisa memicu sakit kepala sebelah. Selain itu jauhi makan-makanan yang dapat memicu timbulnya migrain, seperti keju, cokelat, kafein, dan alkohol.

6. Olahraga teratur: Bukan hanya sekali dua kali, tapi baru bermanfaat kalau dilakukan teratur dan disiplin. Selama aktivitas fisik seperti olahraga, tubuh bisa melepaskan bahan kimia tertentu yang menghalangi sinyal rasa sakit ke otak. Bahan kimia ini juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan depresi, dua pemicu yang bisa memperburuk migrain.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul 6 Tips Mengatasi Migrain, Salah Satunya Tidur Nyenyak!

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut