get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumut Siagakan Tim Medis Selama Operasi Ketupat Toba 2024

Tim Medis Siapkan Standar Dokter Kepresidenan pada Puncak HPN 2023

Rabu, 08 Februari 2023 | 20:19 WIB
header img
Tim medis RSU Haji Medan yang disiapkan pada puncak HPN 2023. (Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan dan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) turut berpartisipasi dengan mempersiapkan tim medis dengan standar dokter kepresidenan.

Puncak HPN 2023 di Medan nantinya dijadwalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir pada Kamis, (9/2/2023) besok.

Kepala Bidang Medis RSU Haji Medan, drg Anda Siregar menuturkan, pada puncak HPN 2023 yang digelar di Lapangan Astaka, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) ini menjadi rujukan.

"Kami menjadi salah satu rumah sakit rujukan utama dalam momen HPN 2023 di Medan," katanya, Rabu (8/2/2023).

drg Anda mengungkapkan, kehadiran Presiden Jokowi pada puncak HPN nantinya menjadi momen yang sangat berarti bagi kemerdekaan pers khususnya di Sumut dan Medan.

Sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan HPN tersebut, RSU Haji Medan memberikan pelayanan kesehatan dengan mengikuti standar dokter kepresidenan.

"Di lokasi acara nantinya, kami menyediakan mini ICU beserta tim medis yaitu dokter spesialis anastesi, spesialis jantung, spesialis penyakit dalam dan bedah, perawat gawat darurat dan perawat ICU," ungkapnya.

drg Anda pun menuturkan, sebelum puncak HPN 2023 di Medan, pihaknya juga menurunkan tim medis ke Hotel Grand Mercure Medan pada 7-8 Februari. Sebab, di hotel tersebut ada kegiatan seminar berkaitan dengan HPN.

"RSU Haji Medan juga mengirimkan tim medis dan ambulans untuk siaga di Hotel Grand Mercure," ujarnya.

Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak menyebutkan, pihaknya juga menurunkan tim medis dengan standar dokter kepresidenan.

Tim tersebut terdiri dari dokter spesialis anastesi, penyakit dalam, koordinator dokter, koordinator ambulans, koordinator mini ICU dan perawat ICU.

"Tim medis ini siaga untuk menyediakan layanan kesehatan gawat darurat khusus untuk Presiden (Jokowi). Tak hanya itu, RSUP HAM juga menurunkan satu unit ambulans VVIP yang siaga di lokasi acara," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan menambahkan, persiapan pelayanan kesehatan pada puncak HPN 2023 di Medan sudah dilakukan sejak dua hari sebelum acara.

Dari banyak kegiatan yang digelar pada momen itu, semuanya didampingi tim medis dan posko kesehatan dengan jejaring rumah sakit umum sebagai rujukan.

"Tim yang dilibatkan dari Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Medan, Dinas Kesehatan Deliserdang, RSU Haji Medan, RSUP HAM, RSUD Amri Tambunan, RS swasta yang ditunjuk, Kesdam, Dokkes Polri," tambah Alwi.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut