get app
inews
Aa Read Next : Susah Sinyal, Siswa SMP Negeri 4 Muncang Kerjakan ANBK di Atas Bukit

Pengajar Indonesia Masih Banyak Gagap Teknologi

Rabu, 11 Januari 2023 | 16:30 WIB
header img
Pengajar Indonesia masih banyak gagap teknologi. (Foto: Istimewa)

Gaptek adalah istilah yang diberikan kepada seseorang yang belum familiar dengan dunia komputer atau laptop. Tidak dipungkiri sekarang ini masih banyak guru yang gaptek jika berhadapan dengan komputer atau laptop. Benda yang satu ini seakan seperti benda keramat yang pantang untuk disentuh dan bisa membuat grogi bila menghadapinya. Keinginan guru untuk mau belajar komputer masih sangat kurang. Kemungkinan karena faktor usia dan anggapan bahwa belajar komputer itu sulit.

"Adanya Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring, membuat proses belajar mengajar harus senantiasa menggunakan hal yang berbasis internet seperti pemanfaatan zoom, google classroom, google meet dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri, masih banyak guru yang belum bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dan berakhir pelajaran yang diajarkan pun terbengkalai," terang Afriani.

Guru sebagai garda terdepan di dunia pendidikan sudah seharusnya mulai bangun dan bangkit berdiri untuk segera mengenal dan menguasai komputer atau laptop, sebagai modal menguasai teknologi nirkabel. Teknologi ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Tidak dapat dihindari perkembangannya yang sangat pesat ini berpengaruh sangat signifikan terhadap pribadi maupun komunitas, segala aktivitas, kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir.

Kegagapan teknologi yang dialami oleh banyak guru di Indonesia ini, merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pemerintah. Karena guru juga harus menyesuaikan perkembangan zaman yang semakin lama semakin canggih.

Berdasarkan Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sebanyak 60% Guru di Indonesia belum menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sementara Indonesia sendiri sangat membutuhkan sumber daya Manusia (SDM) yang terampil. Mungkin dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh pemerintah, dapat membuat guru-guru yang termasuk digital immigrant ini lebih paham dalam memanfaatkan dan menggunakan teknologi yang makin lama makin berkembang dengan pesat.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut