get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Mengobati Jamur di Kulit, Salah Satunya Bersihkan dengan Sabun dan Air 

5 Cara Menghilangkan Kurap dengan Cepat dan Alami, Nomor 1 Pakai Lidah Buaya

Kamis, 05 Januari 2023 | 15:00 WIB
header img
Ilustrasi kurap. (Foto: Independent)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Cara mudah menghilangkan kurap ternyata bisa dilakukan dengan cepat dan alami. Di mana, kurap merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh jamur dengan jenis tinea.

Jamur Tinea dapat hidup di jaringan kulit yang mati, termasuk juga kuku dan rambut. Kurap bisa menimbulkan bercak merah, sisik, hingga gatal pada kulit. 

Ketika kurap menjadi parah, kulit terlihat memiliki lingkaran atau cincin merah. Penyakit kurap bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun, baik pada kulit tubuh, kulit kepala, hingga kuku. 

Berikut adalah cara menghilangkan kurap dengan cepat dan alami:

1. Lidah Buaya

Menurut jurnal penelitian Indian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa kandungan antibakteri, antijamur, dan antivirus dalam lidah buaya dapat menjadi alternatif cara mengobati kurap serta mengatasi gatal dan radang yang muncul akibat kurap.

Cara pemakaiannya cukup mudah, cukup dengan mengoleskan lidah buaya pada area kulit yang terinfeksi kurap sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

2. Kunyit

Kunyit mengandung antijamur dan antiradang yang mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab kurap pada kulit. Cara menggunakannya bisa dilakukan dengan mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi kurap maupun mengonsumsinya secara langsung.

3. Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat antijamur yang manjur sebagai cara mengobati kurap. 

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan cuka apel secara langsung tanpa dilarutkan terlebih dahulu pada area kulit yang terkena kurap menggunakan kapas.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur yang ampuh untuk mengatasi infeksi dari kurap. Obat ini digunakan secara topikal diterapkan di kulit yang terserang kurap secara rutin.

Cara menggunakannya, hangatkan minyak kelapa hingga agak cair lalu dioleskan hingga menyerap. Lakukan cara ini paling tidak tiga kali sehari.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut