get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

Ganggu Penampilan, Ini 5 Cara Mengobati Panu dengan Mudah

Jum'at, 02 September 2022 | 12:00 WIB
header img
Panu harus diobati (Foto: Daily hindustan news)

iNewsMedan.id - Mempunyai panu rasanya memang memalukan sebab orang akan menganggap kita jorok dan kurang menjaga kebersihan. Panu merupakan salah satu sakit kulit, akibat infeksi jamur (Tinea versikolor).

Pada umumnya panu diidap mereka yang tidak menerapkan gaya hidup bersih. Sakit panu ditandai, dengan bercak berwarna lebih terang atau lebih gelap, daripada kulit di sekitarnya dan paling sering mempengaruhi batang tubuh dan bahu. Hal ini bisa sangat menggangu kenyamanan dan penampilan.

"Bintik-bintik tersebut dapat hilang selama cuaca dingin dan memburuk selama cuaca hangat dan lembab," keterangan WebMD.

Lantas bagaimana cara mengobatinya dengan mudah di rumah?

1. Tea tree oil

Salah satu pengobatan ala rumahan, yang diketahui secara alami mengeringkan minyak berlebih pada kulit dan memiliki sifat antijamur. Oleskan tea tree oil ke bintik-bintik atau tambalan menggunakan bola kapas atau kain lap.

Pastikan untuk mengoleskan tea tree oil di sekitar bagian luar kulit di sekitar bintik-bintik. Potong sepotong kain kasa dan rekatkan ke tempat dengan pita medis.

2. Pasta Kunyit

Salah satu solusi alami yang paling populer adalah membuat pasta menggunakan bubuk kunyit, dan bubuk cendana. Oleskan pasta ke bintik-bintik setidaknya selama setengah jam. Gunakan setiap hari sampai bintik-bintik tidak lagi muncul.

3. Diet

Salah satu cara alami didapatkan manfaatnya dengan pola hidup sehat. Diet tinggi vitamin C, E, B kompleks, dan A membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat ditemukan dalam buah jeruk, gandum utuh, dan banyak buah dan sayuran mentah.

Juga kurangi jumlah karbohidrat dalam diet Anda karena karbohidrat dapat membantu merangsang produksi ragi. Minum teh cengkeh, kifer, atau air yang dicampur dengan sedikit jus lemon dan cuka sari apel semuanya membantu membersihkan tubuh dari kelebihan ragi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut