get app
inews
Aa Read Next : Keberhasilan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Sumatera Lewat Digitalisasi

Pertumbuhan Kredit Investasi Turun, Sebabkan Penyaluran Perbankan Melambat

Rabu, 28 Desember 2022 | 17:15 WIB
header img
Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Doddy Zulverdi. (Foto: Kharisma/iNewsMedan).

MEDAN, iNewsMedan.id - Penyaluran kredit perbankan mengalami perlambatan dari 11,11 persen (you) menjadi 6,141 persen (yoy) pada triwulan III di November 2022.

Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Doddy Zulverdi mengatakan, perlambatan tersebut disebabkan menurunnya pertumbuhan kredit investasi diikuti dengan pola musiman periode pembayaran proyek korporasi oleh principal yang mendorong pelunasan sebagian kredit.

"Meski begitu, kredit modal kerja dan kredit konsumsi masih mencatat peningkatan pertumbuhan di November 2022 ini," katanya di Medan, Rabu (28/12/2022).

Doddy menyebutkan, dari sisi sektoral untuk sektor utama Sumut seperti pertanian, industri pengolahan dan konstruksi mengalami perlambatan pertumbuhan kredit, namun tidak dengan kredit perdagangan yang mencatatkan kenaikan pertumbuhan.

"Di November 2022 ini, kredit konstruksi dan pertanian tercatat kontraksi. Di sisi lain, NPL sektor utama masih relatif terjaga, kecuali sektor perdagangan dan konstruksi yang telah mencapai lebih dari 5 persen di November 2022 sehingga perlu diwaspadai," sebutnya.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut