get app
inews
Aa Read Next : Kebutuhan Transformasi Masa Kini

5 Penemuan Teknologi Kuno yang Buat Ilmuwan Modern Bingung, Nomor 4 Masih Misteri

Selasa, 29 November 2022 | 13:00 WIB
header img
Bangunan mirip kapal yang terbuat dari batu, membuat benda ini seperti tak mampu mengapung dengan baik di atas air. Banyak yang ragu, batu granit seberat 800 ton. (Foto/dok).

Bagaimana itu bisa terjadi di dalam vas? Bahkan akibat gempa yang sangat jauh? Hal tersebut masih belum dipahami sampai saat ini. Orang-orang bahkan telah berusaha menciptakan nya kembali pada zaman modern tetapi tidak berhasil. 

2. Baterai Baghdad 

Pasti kita mengira tak akan ada baterai 2.000 tahun yang lalu. Sama saya pun berpikiran demikian. Sampai kita tahu penemuan ini. 

Benda yang tampaknya baterai pertama ini ditemukan di Baghdad pada tahun 1936 dan diyakini berasal dari abad ke-2 periode Pathria 247 SM - 224 M. Baterai itu berbentuk guci tanah liat oval dengan tinggi 13 cm. 

Entah bagaimana benda ini menghantarkan arus listrik 2.000 tahun sebelum Alessandro volta memperkenalkan pada dunia baterai modern versi pertama yang kita gunakan sekarang. 

3. Mekanisme Antikythera 

Komputer Yunani Kuno tak akan mirip dengan komputer yang ada di rumah kita saat ini, tapi masih sangat komplek pada zaman itu. Mekanisme aneh itu dibuat dari 37 gigi perunggu, bentuknya hampir menyerupai jam yang sangat rumit.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut