get app
inews
Aa
Read Next : Kebutuhan Transformasi Masa Kini

5 Penemuan Teknologi Kuno yang Buat Ilmuwan Modern Bingung, Nomor 4 Masih Misteri

Selasa, 29 November 2022 | 13:00 WIB
header img
Bangunan mirip kapal yang terbuat dari batu, membuat benda ini seperti tak mampu mengapung dengan baik di atas air. Banyak yang ragu, batu granit seberat 800 ton. (Foto/dok).

JAKARTA, iNewsMedan.id - Perkembangan teknologi modern saat ini terus melaju pesat jika dibandingkan dengan teknologi jaman dulu. Namun, banyak penemuan teknologi jaman dulu yang membuat ilmuan modern saat ini bingung dengan penemuan yang mereka ciptakan. 

Berikut ini 5 teknologi kuno yang dikutip dari kanal YouTube Sisi Terang pada Kamis (27/1/2022) oleh SINDOnews.com yang dilangsir oleh iNewsMedan.id, Selasa (29/11/2022).

1. Seismoskop Zhang Heng

Pada tahun 132 masehi ilmuwan dan penemu asal China Zhang Heng memperkenalkan seismokop pertama yang bisa memprediksi gempa dengan keakuratan peralatan modern. 

Benda ini dibuat dari perunggu yang berbentuk vas terbalik yang berhiaskan ukiran naga dan katak di semua sisinya. Tapi semua itu bukan sekedar hiasan. 

Di dalam bejana, terdapat pendulum yang akan bergerak saat terjadi gempa, meski itu terjadi ratusan kilometer jauhnya, itu akan membuat salah satu bola perunggu jatuh dari mulut naga dan masuk ke mulut katak yang berada di bawahnya. Kemudian menghasilkan suara kencang. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut