get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubsu Dampingi Menkes Tinjau Program Kerjasama Operasi Jantung Pasien Anak di RSUP HAM Medan

Kabar Baik, Sudah Ada Obat Gangguan Ginjal Akut Anak

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 16:21 WIB
header img
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id-  Kabar baik untuk para orangtua karena penyakit gangguan ginjal akut pada anak di Indonesia telah memiliki obat penawar. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi, yang mana obat ini didatangkan dari luar negeri.

Obat untuk gangguan ginjal akut ini, didatangkan dari Singapura. Menkes Budi menerangkan pihaknya, akan segera memesan kembali dalam jumlah banyak dan disebarluaskan ke seluruh Rumah Sakit.

Hasil yang ditemukan pun positif (baik) untuk obat dari Singapura ini. Sementara untuk jumlah kasus, dikatakan Budi sudah mencapai 200-an, hal ini juga menjadi dasar untuk memesan obat dalam jumlah banyak.

"Sekarang udah ditemukan obatnya, RSCM sebagai tim ahli ginjal nasional kita datangkan obatnya dari singapura. Sudah tiba kita coba dari 6 pasien 4 positif repsonsif, jadi obat ini begitu kita lihat repsonsnya positif," ungkap Menkes Budi dalam keterangannya diterima MNC Portal, Jumat (21/10/2022)

"Kita akan segera datangkan dalam jumlah cukup banyak agar bisa disebarkan di seluruh RS, karena ini kejadiannya sudah terindetifikasi di 20 prov di seluruh RI. Dengan total lebih dari 200 kasus," jelas Menkes Budi.

Sejauh ini gangguan ginjal akut pada anak di Indonesia diduga karena obat sirup. Kedua kandungan tersebut bernama etilen glikol dan dietilen glikol.

Sehingga dia mengimbau para orangtua agar tidak memberikan obat secara sembarangan saat anak sakit. Lebih baik dikonsultasikan ke dokter, katanya.

"Kalau ada anak demam jangan langsung di kasih obat jadi harus hati-hati dalam pemberian obat dan dikonsultasikan ke dokter," imbuh dr Lies Liastuti, Sp. JP(K), MARS, FIBA, Direktur Utama RSCM.

 

Artikel Ini Telah Tayang di Okezone dengan judul: Kabar Baik! Menkes Budi: Sudah Ada Obat Gangguan Ginjal Akut Anak

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut