get app
inews
Aa Read Next : Easycash Kolaborasi dengan AFPI dan OJK untuk Mendukung UMKM Sumatra Utara

Nurul Hasanudin : BPS Turut Berkolaborasi dengan Pers Menyebarluaskan Informasi Statistik

Senin, 17 Oktober 2022 | 15:00 WIB
header img
Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin. (Foto: Isnaini Kharisma)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pers sebagai pilar keempat dalam demokrasi tentunya berperan penting memberikan informasi kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut), Nurul Hasanudin dalam kegiatan Workshop Wartawan dalam rangka Peningkatan Literasi Statistik Bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumut 2022 di Deliserdang, Senin (16/10/2022).

"Pers sebagai pilar keempat, tentunya menjadi hal penting bagi BPS untuk berkolaborasi dengan pers dalam menyebarluaskan informasi statistik lewat media. Bahkan, melalui media, berbagai informasi capaian kinerja ekonomi hingga indikator sosial yang ada di BPS bisa diketahui oleh masyarakat. Saya juga turut mengapresiasi peran pers yang konsisten melakukan tugas jurnalistiknya tersebut," katanya.

Nurul menuturkan, kegiatan workshop tersebut merupakan rangkain Hari Statistik Nasional (HSN) pada 26 September setiap tahunnya. HSN juga memiliki sejarah panjang dan berharap bisa disosialisasikan lewat media agar HSN tak hanya milik BPS tapi juga milik Indonesia, bangsa dan masyarakat.

"HSN juga menjadi bagian dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara di masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia mengawalinya dengan undang-undang tentang sensus penduduk. Inilah menjadi tolak ukur ketika berkembanganya perstatistikan di Indonesia,” ujarnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut