get app
inews
Aa Read Next : Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata, Pelindo Multi Terminal Layani Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan

Petani Was-was Harga Cabai Kembali Turun, Sumut Bentuk Deflasi di Oktober

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:10 WIB
header img
Pedagang cabai di Pasar Halat Medan. (Foto: Isnani Kharisma/iNewsMedan).

MEDAN, iNewsMedan.id - Harga cabai merah pada awal pekan ini masih melanjutkan tren pelemahan. Jika dibandingkan dengan harga pada Jumat (14/10/2022) lalu, harga cabai merah di Kota Medan dijual dikisaran harga Rp29.800 per kilogram atau turun sekitar 22 persen dibandingkan sebelumnya di kisaran Rp38.200 per kilogram.

Untuk keseluruhan harga di wilayah Sumut, cabai merah mengalami penurunan sekitar 21 persen. Sementara untuk cabai rawit juga menurun dari kisaran Rp32.600 per kilogram menjadi Rp29.900 per kilogram atau turun 7.3 persen di Kota Medan. Sedangkan di wilyaha Sumut, harga cabai rawit menjalami penurunan sekitar 4.6 persen.

Selain cabai merah dan cabai rawit, sejumlah harga kebutuhan pangan pokok lainnya di Kota Medan terpantau stabil. Kecuali, harga daging ayam yang naik dalam dua pekan terakhir ini. Untuk harga rata-rata daging ayam di Kota Medan naik 10 persen dari Rp26.900 per kilogram menjadi Rp29.500 per kilogram di awal pekan ini. 

Untuk keseluruhan di wliayah Sumut, harga daging ayam rata rata naik menjadi Rp31.300 per kilogram dari posisi sebelumnya Rp30.250 per kilogram.

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menuturkan, rata-rata di sejumlah harga di 4 kota lainnya (tidak termasuk Kota Medan), harga minyak goreng curah rata-rata mengalami kenaikan sebesar Rp50 per kilogram. Meski demikian, harga minyak goreng kemasan justru mengalami penurunan sekitar Rp400 hingga Rp500 per kilogram. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut