get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hardiknas 2024, Pj Gubernur Sebut IPM Sumut Terus Meningkat hingga di Atas Angka Nasional

Inflasi Terkendali, Fokus Jaga Daya Beli Diiringi Fenomena PHK

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 10:40 WIB
header img
Inflasi terkendali, fokus jaga daya beli diiringi PHK. (Foto: Isnaini Kharisma/iNewsMedan).

MEDAN, iNewsMedan.id - Harga cabai merah yang selama sepekan terakhir sempat mengalami kenaikan seiring dengan perayaan pesta panen, di akhir pekan ini harga cabai merah di Sumatera Utara (Sumut) sudah kembali sedia kala.

Bahkan di Kota Medan, mengacu kepada PIHPS harga cabai merah pada hari ini dijual dikisaran harga Rp38.200 per Kg, lebih murah dibandingkan harga akhir pekan sebelumnya dikisaran Rp40.500 per Kg. Seperti diketahui pada pekan ini harga cabai merah sempat diperdagangkan di kisaran harga Rp46.400 per Kg di Kota Medan.

Selain Kota Medan, di Kota Siantar harga cabainya rata-rata juga lebih rendah pada akhir pekan ini dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Untuk Kota Sibolga sendiri harganya sudah relatif sama dengan harga di akhir pekan lalu. Sementara dua kota terakhir yakni Gunung Sitoli dan Padang Sidempuan, harga cabainya masih lebih mahal dibandingkan harga akhir pekan sebelumnya. Sementara untuk cabai rawit di Sumut terpantau stabil dengan kecenderungan naik tipis.

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, dari pantauan yang dilakukan oleh timnya, untuk harga daging ayam dan telur ayam di Medan terpantau stabil, dengan kecenderungan naik tipis. Di Sumut secara keseluruhan telur ayam (Rp28.200 per Kg) dan daging ayam (Rp30.250 per Kg) cukup stabil dengan kecenderungan sedikit mengalami kenaikan. Untuk harga bawang merah (Rp36.900 per Kg) dan bawang putih (Rp25.700 per Kg) di Sumut, terpantau stabil dengan kecenderungan turun tipis. Sementara di Kota Medan harganya terpantau tidak berubah.

"Untuk harga minyak goreng curah di Sumut harganya relatif sedikit mengalami kenaikan dikisaran harga Rp200 per Kg dikisaran Rp13.550 Kg, sementara di Kota Medan harganya stabil dikisaran Rp12.550 per Kg. Untuk harga gula pasir di Sumut juga masih cukup stabil dalam rentang Rp14.350 per Kg hingga Rp15.700 per Kg. Hal ini pun cenderung tidak terpengaruh dengan kenaikan harga BBM sebelumnya. Untuk harga daging sapi di Sumut terpantau stabil dalam rentang Rp114 ribu hingga Rp136 ribu per Kg," katanya di Medan, Sabtu (15/10/2022).

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut