get app
inews
Aa Read Next : Grant Thornton Bahas Peran Vital Business Process dalam Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Tertarik Punya Klub Bola? Segini Harga 1 Klub Liga 2 Indonesia

Rabu, 21 September 2022 | 20:00 WIB
header img
RANS Nusantara FC. (Foto: Instagram/@rans.nusantara)

"Jadi ada biaya untuk membeli klubnya dan ada biaya untuk menjalankan kompetisinya," jelasnya. 

Keuntungan dari bisnis sepak bola biasanya didapat dari uang sponsorship, penjualan tiket, hak siar, penjualan pemain, penjualan jersey dan merchandise, dan lain sebagainya. Namun, hal itu bisa saja tidak akan sepadan dengan uang yang digelontorkan untuk membayar gaji pemain. 

Apakah artinya itu tidak menguntungkan? Hal tersebut tentunya kembali lagi pada bagaimana cara seseorang mengelola klub yang dibelinya.

Jika berbicara harga, data market value di transfermarkt mengungkap bahwa klub kasta 2 Indonesia paling banter saat ini nilainya ada di kisaran Rp30 miliaran. Sementara, Valentino mengatakan bahwa modal yang diperlukan investor yang telah klub yang bermain di Liga 2 adalah antara Rp3 miliar sampai 10 miliar lebih per musim. 

"Kalau Liga 2 sekarang kisarannya Rp3 miliar sampai Rp10 miliar, tinggal dikali dengan investasi untuk per musim dan investasi jangka panjangnya," terangnya. 

Itulah harga satu klub liga 2 Indonesia yang perlu diketahui oleh para pencinta sepak bola. Bisnis sepak bola tidak hanya berbicara berapa uang yang dibayar untuk membeli dokumen klub, melainkan harus diperlukan juga berapa ongkos yang diperlukan untuk menjalankan klub sepanjang kompetisi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut