get app
inews
Aa Read Next : Mesin BBM Pertamini Makan Korban, Pemuda Toba Tewas Tersengat Kena Aliran Listrik

Pasca BBM Naik, Harga Cabai Merah Anjlok Hingga 30 Persen

Selasa, 13 September 2022 | 12:22 WIB
header img
Pasca BBM naik, harga cabai merah anjlok hingga 30 persen. (Foto: Isnaini Kharisma/iNewsMedan).

Menurutnya, disisi lainnya, fenomena yang terjadi di Sumut saat ini sejumlah harga kebutuhan lainnya juga banyak yang terpantau mengalami penurunan. Di antaranya, telur ayam dan bawang putih. Meskipun penurunannya terbilang sangat kecil sekitar 1 persen, namun juga dilakukan penelusuran penurunan tersebut di saat BBM dinaikkan harganya.

"Maka itu, belum bisa ditarik kesimpulan apakah kenaikan harga BBM benar-benar berimplikasi pada kebutuhan harga pangan atau tidak. Meskipun saya tetap berkesimpulan bahwa harga BBM akan memberikan andil pada kenaikan harga kebutuhan pangan. Namun, sejauh ini fakta dilapangan belum mendukung sepenuhnya kemungkinan tersebut," ujarnya.

Gunawan menambahkan, pihaknya tengah melakukan observasi kemungkinan peralihan konsumsi, perhitungan ongkos distribusi hingga hal lainnya seperti potensi adanya penurunan daya beli. 

"Semuanya sedang kami observasi dan tetap dilakukan evaluasi secara periodik setidaknya hingga 7 pekan mendatang. Tetapi, kami berharap realisasi harga pangan nantinya tak akan jauh berbeda dengan realisasi pada hari ini," tambahnya.

Secara terpisah, Pedagang Cabai di Pasar Halat Medan, Emi menuturkan, untuk penjualan harga cabai merah memang mengalami penurunan dan stok barang dari petani juga banyak sehingga kebutuhan konsumen bisa terpenuhi.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut