get app
inews
Aa Read Next : Barus Gerbang Peradaban Islam di Wilayah Nusantara

Kumpulan Hadits Keutamaan Surat Ar Rahman Ayat 55 Berisikan Tentang Nikmat Tuhan

Kamis, 01 September 2022 | 08:00 WIB
header img
Kumpulan hadits keutamaan Surat Ar Rahman Ayat 55 berisikan tentang nikmat Tuhan. (Foto: Freepik)

Menurut UAS, surat Ar Rahman ini juga bisa dijadikan mahar bagi orang yang akan menikah. 

"Guru ngaji saya menjadikan surat Ar Rahman sebagai maskawin. Ini benar adanya dan kisah nyata. Jadi bagi laki-laki yang tidak mampu memberikan mahar uang atau materi lain bisa menjadikan surat Ar Rahman ini sebagai maskawin,' katanya. 

4. Pengantinnya Alquran

Hadits keutamaan Surat Ar-Rahman lainnya yakni  pengantinnya Al-Quran. Sebagaimana Surat Yasin yang disebut sebagai hati Al-Quran, maka Ar-Rahman adalah pengantinnya Al-Quran. Setiap sesuatu punya hati. Pun setiap sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman, sebagaimana sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Kitab Syu’abul Iman 

لكل شيء عروس وعروس القرآن الرحمن 

Segala sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman. (HR. Baihaqi). 

5. Menambah Rasa Syukur

Hadits keutamaan Surat Ar Rahman lainnya yakni anjuran untuk bersyukur.  

Dari Ubay Bin Ka’b ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda “Barangsiapa membaca surat Ar Rahmaan niscaya Allah rahmati ketiada berdayaannya dan ia telah menjalankan rasa syukur atas nikmat Allah padanya”. 

6. Dapat Ampunan

Hadits keutamaan Surat Ar Rahman berikutnya mengenai anjuran untuk membaca dzikir Ya Dzal jalali Wal Ikram. Hal ini disebutkan dalam beberapa hadis. Rasulullah SAW bersabda: 

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ دَاوُدَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ ثَابِتِ بْنِ ثَوْبَانَ، عَنْ عُمَيْرِ بْنِ هَانِئٍ، عَنْ أَبِي الْعَذْرَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أجِدّوا اللَّهَ يَغْفِرْ لَكُمْ" 

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Daud, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Sabit ibnu Sauban, dari Umair ibnu Hani, dari Abul Azra, dari Abu Darda yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Agungkanlah Allah, niscaya kalian akan diberi ampunan. 

Dalam riwayat lain disebutkan: 

قَالَ الْحَافِظُ أَبُو يَعْلَى: حَدَّثَنَا أَبُو يُوسُفَ الْجِيزِيُّ، حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ الطَّوِيلُ، عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلم قَالَ: "أَلِظُّوا بِيَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ" 

Al-Hafiz Abu Yala mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Yusuf Al-Harbi, telah menceritakan kepada kami Muammal ibnu Ismail, telah menceritakan kepada kami Hammad, telah menceritakan kepada kami Humaid At-Tawil, dari Anas, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Kobarkanlah (dirimu dengan banyak membaca) Ya Zal Jalali Wal Ikram (Ya Tuhan Yang mempunyai keagungan dan karunia).

7. Dapat Keselamatan Dunia Akhirat 

Hadits keutamaan Surat Ar Rahman berikutnya yakni anjuran berdoa memohon keselamatan di dunia dan akhirat.

، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يقول: "أَلِظُّوا بِذِي الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ".

Dari Rabiah ibnu Amir yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Kobarkanlah (dirimu) dengan (membaca) YaZal Jalali Wal Ikram (Ya Tuhan Yang mempunyai kebesaran dan karunia). 

Di dalam kitab Sahih Muslim dan kitab keempat sunan telah disebutkan melalui hadis Abdullah ibnul Haris, dari Aisyah ra yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw apabila telah bersalam dari salatnya tidak segera duduk melainkan sesudah membaca doa berikut: 

"اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ" 

Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera dan dari Engkaulah semua kesejahteraan, Mahasuci Engkau, wahai Tuhan Yang mempunyai kebesaran dan karunia. 

Dalam redaksi lain disebutkan: 

- (3) وعن ثوبان ، رضي الله عنه ، قال. ((كان رسول الله {صلى الله عليه وسلم} إذا انصرف من صلاته استغفر ثلاثاً ، وقال : اللهم أنت السلام ، ومنك السلام ، تباركت يا ذا الجلال والإكرام)) رواه مسلم. 

Dari Tsauban ra, ia berkata : “Adalah Rasulullah SAW apabila selesai dari shalatnya, beliau mengucapkan istighfar -yakni ucapan Astaghfirullah, artinya: Saya mohon ampun kepada Allah-, sebanyak tiga kali, kemudian mengucapkan: Allahumma antas salam, wa minkas salam, tabarakta ya dzaljalali wal-ikram.” Ya Allah, Engkau adalah Maha Menyelamatkan, dariMu datangnya keselamatan, Engkau Maha Tinggi, Wahai Zat yang memiliki kekayaan dan kemuliaan”. 

Demikian pembahasan mengenai hadits keutamaan Surat Ar Rahman yang patut diamalkan Muslim tiap hari agar mendapat ampunan, keberkahan dan keselamatan. Wallahu A'lam bissawab

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut