get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

8 Manfaat Minuman Kombucha, Nomor 7 Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kamis, 01 September 2022 | 13:00 WIB
header img
Kombucha kaya manfaat (Foto: Pinkvilla)

6. Mengurangi peradangan

Peradangan kronis dapat menyebabkan nyeri sendi, alergi, masalah usus, masalah pernapasan, penyakit jantung, dan sebagainya. Kombucha tidak mengobati penyakit, tetapi sifat anti-inflamasinya dapat membantu Anda mencegah berbagai penyakit kesehatan. Teh yang digunakan untuk membuat kombucha mengandung polifenol yang mampu mencegah peradangan dalam tubuh. Itulah mengapa Anda harus menambahkan kombucha ke dalam makanan Anda sebagai bagian dari rutinitas makan yang sehat.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ada hubungan langsung antara kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh. Usus kita membuat antibodi yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dan sebagian besar kekebalan tubuh kita ditemukan di usus. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan usus Anda secara keseluruhan sehat dan bahagia. Nah, kombucha ini memiliki bakteri fermentasi yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan risiko infeksi

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menakjubkan dari kombucha adalah dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Kombucha dibuat dengan proses fermentasi, dan selama proses tersebut terbentuk asam asetat yang memiliki sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini mampu membunuh mikroba dan melawan bakteri. Jadi, minum teh kombucha dapat membantu menangkal bakteri dan mencegah infeksi.

Demikian 8 manfaat kombucha untuk kesehatan, sebagaimana MNC Portal Indonesia rangkum dari PinkVilla, Rabu (31/8/2022). Meskipun kombucha memiliki banyak manfaat, terutama karena merupakan minuman yang difermentasi, penting untuk berhati-hati saat proses fermentasi berlangsung.

Karena, jika difermentasi terlalu lama, ia kehilangan nilai gizinya. Selain itu, jika tidak dibuat di lingkungan yang bersih dan higienis, kombucha bisa terkontaminasi dan bisa lebih berbahaya daripada kebaikan. Singkatnya, kontaminasi atau fermentasi berlebihan dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan Anda. Jadi, jika Anda tidak tahu cara menyiapkannya, sebaiknya belilah kombucha dari toko terdekat.

Selain itu, sebagian besar minuman kombucha sarat dengan gula, dan terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, kadar kolesterol, dan penambahan berat badan. Jika Anda membeli kombucha dari luar, pastikan untuk membaca label dan memilih merek yang mengandung gula tambahan di bawah 4 gram per porsi.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut