get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Antonius-Komando Usul Modernisasi Pertanian untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Karo

Atasi Masalah Air Bersih, LPPM-USU Bantu Desa Bingkawan Sibolangit

Senin, 29 Agustus 2022 | 20:52 WIB
header img
LPPM-USU Bantu Desa Bingkawan Sibolangit Atasi Masalah Air Bersih. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kebutuhan akan air bersih menjadi masalah utama bagi warga Dusun Sikeci-keci di Desa Bingkawan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).  

Masyarakat yang bermukim di perbukitan itu harus melewati lembah yang dalam serta jalan setapak yang curam dan licin untuk bisa mendapatkan air bersih.

Hal itu disampaikan Ketua tim pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM-USU, Dr. Zahedi, didampingi Dr. Suyanto dan Dr. Suryati Sitepu. Senin, (29/8/2022).

Berdasarkan itu, kata Dr. Zahedi, pihaknya dari dosen FMIPA-USU, turut memberikan dukungan dengan mendatangkan konsultan teknis pompa hidram dan budi daya hidroponik untuk bekerja sama dengan warga desa dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat.

"Jika kesulitan untuk pengadaan air bersih ini dapat diatasi, maka warga desa akan dapat pula mengembangkan upaya budi daya sayuran hidroponik dan ikan air tawar," jelasnya.

“Upaya simultan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kontur lokasi desa yang relatif bergelombang, sehingga memadupadankan antara budi daya sayuran di lokasi pemukiman dan keberadaan kolam tanah di daerah lembah akan sangat mungkin membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sehari-hari,” tambahnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut