get app
inews
Aa Read Next : Optimalisasi Asset Sumber Daya Manusia di Era 4.0 untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia

Wajib Tahu! Ini Asal-usul Nama Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:14 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Penjelasan asal-usul nama Indonesia menarik diulas. Nama Indonesia berasal dari berbagai rangkaian sejarah yang puncaknya terjadi di pertengahan abad ke-19.

Adapun Indonesia ini terkenal dengan beragam sumber daya alam dan harta karun yang banyak disukai atau diincar beberapa negara lain. 

Asal usul nama Indonesia ini berawal pada tahun 1874 di Singapura terbit sebuah majalah ilmiah tahunan berjudul Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA, BI: Jurnal Kepulauan Hindia dan Asia Timur) yang dikelola oleh James Richardson Logan (1819-1869) seorang asal Skotlandia yang meraih sarjana hukum dari Universitas Edinburg.

Kemudian di tahun 1849 seorang ahli etnologi bahasa Inggris, George Samuel Windsor Earl (1813-1865), menggabungkan diri sebagai redaksi majalah JIAEA.

Dalam artikelnya itu Earl menegaskan bahwa sudah tiba saatnya bagi penduduk Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu untuk memiliki nama khas (a distinctive name).

Earl sendiri menyatakan memilih nama Malayunesia (Kepulauan Melayu) daripada Indunesia (Kepulauan Hindia), sebab Malayunesia sangat tepat untuk ras Melayu, sedangkan Indunesia bisa juga digunakan untuk Ceylon (sebutan Srilanka saat itu) dan Maldives (sebutan asing untuk Kepulauan Maladewa).

Earl berpendapat juga bahwa bahasa Melayu dipakai di seluruh kepulauan ini. Dalam tulisannya itu Earl memang menggunakan istilah Malayunesia dan tidak memakai istilah Indunesia.

Dalam JIAEA Volume IV itu juga, halaman 252-347, James Richardson Logan menulis artikel The Ethnology of the Indian Archipelago ('Etnologi dari Kepulauan Hindia').

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut