get app
inews
Aa Read Next : Monumen Jokowi di LMD Karo Terancam Mangkrak karena Kurang Dana, Warga Gelar Doa Bersama

Ini Makna Pakaian Adat Bangka Belitung yang Dikenakan Jokowi Saat Sidang Tahunan 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:27 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan Baju Paksian yang merupakan baju adat dari Bangka Belitung. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memakai pakaian adat daerah dalam sidang tahunan 2022 bersama MPR, DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Kali ini Presiden Jokowi mengenakan baju Paksian yang merupakan pakaian adat dari Bangka Belitung.

Dilansir dari iNewsBabel.id, pakaian yang dikenakan Jokowi tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif 'pucuk rebung'. Terdiri atas jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka. Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon.

Motif tersebut melambangkan kerukunan. Sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Presiden Jokowi tampak didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan kerudung berwarna serupa, dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Presiden Jokowi dalam sidang tahunan ini akan menyampaikan pidato kenegaraan. Berdasarkan jadwal yang diterima, Presiden Jokowi akan berpidato sebanyak dua kali yakni mulai pukul 10.18 - 11.03 WIB dan pukul 13.50 - 14.35 WIB. 

Tamu undangan hadir 100 persen secara fisik, di antaranya para mantan Presiden, Wakil Presiden dan juga ketua umum partai politik, duta besar, dan 103 perwakilan negara asing. 

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menjelaskan, pada Sidang Tahunan 2022 ini akan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. DPR juga bekerja sama dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan menerapkan protap khusus untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama sidang ini berlangsung.

"Di samping pemeriksaan kepada metal detector (tamu yang masuk), ada pemeriksaan suhu yang kita lakukan," kata Indra.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut