get app
inews
Aa Read Next : BPD se-Indonesia Hadir di Danau Toba, Bank Sumut Promosikan Wisata Sejarah Bung Karno

5 Fakta Kampung Ciburuy Jawa Barat, Mayoritas Warga Miliki Kulit Putih Pucat

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:30 WIB
header img
Warga Kampung Ciburuy miliki kulit putih pucat (Foto: YouTube)

1. Keturunan Belanda

Albinisme yang terjadi pada sebagian masyakat Ciburuy diperkirakan memang datang dari ras Belanda yang sempat meninggali kampung ini. Menurut tokoh kampung setempat, dikutip dari video Garut Update, anak yang terlahir albino di kampung ini bukanlah hal yang dianggap aneh karena dulunya kampung ini memang dihuni orang Belanda. Berkeluarga dan melanjutkan keturunan dengan masyarakat Indonesia, gen kulit cerah akhirnya diturunkan dan menghasilkan albinisme di kulit warga Ciburuy.

2. Eksis Sejak Kerajaan Padjajaran

Ujang Nana Suryana, pemangku adat di Ciburuy, menyatakan, warga berkulit albino memang sudah ada sejak zaman Padjajaran berabad silam. Dia berkata “saya tidak tahu bagaimana asal muasalnya, yang jelas warga kampung ini dulunya satu keturunan.”

3. Tak Semuanya Albino

Di Ciburuy hanya ada sekitar sembilan orang yang menderita albinisme, dari anak balita hingga manula. Meski dikenal Kampung Albino, bukan berarti semuanya berkulit cerah pucat. Nana mengatakan, hanya dua anaknya yang berkulit albino di keluarganya, sedangkan dirinya dan istrinya berkulit sawo matang. Dia mengaku, gen yang diturunkan pada anaknya itu berasal dari nenek moyangnya, yang tak dia ketahui berada di generasi ke-berapa.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut