get app
inews
Aa Read Next : Polres Tanjungbalai Gelar Upacara Kenaikan Pangkat, Ini Kata Yon Edi Winara

Ini Perbedaan Pistol Polri dan TNI yang Jarang Diketahui, Simak Penjelasannya

Senin, 08 Agustus 2022 | 20:00 WIB
header img
Pistol Glock 17 (Foto: Okezone/Ammoland)

1. Polri

Anggota Polri paling sering menggunakan pistol dibandingkan TNI. Pistol digunakan karena lebih ringkas dan fleksibel dibawa ke mana pun. Selain itu,tugas Polri dan TNI pun berbeda.

Anggota Polri lebih dekat dengan masyarakat dan harus bersinggungan langsung. Karakter tugas lebih sering melakukan operasi-operasi kejahatan jarak dekat.

Polri menggunakan beberapa pistol untuk Polantas dan Sabhara, seperti Browning Hi Power, Colt M1911, serta revolver. Namun Polri dilaporkan tak menggunakan revolver Smith & Wesson dari AS lagi.

Ada pula MAG yang diproduksi di dalam negeri oleh PT Pindad. Selain itu ada puka SAGL Kaliber 40x46. Polri juga dilaporkan menggunakan Glock 19 serta Heckler & Koch (HK) USP.

Sementara untuk Pasukan elite Polri seperti Densus 88 Antiteror, mereka menggunakan pistol standar Glock 17. Pistol semi otomatis ini diproduksi perusahaan Austria dengan bahan dasar polimer yang ringan. Saking ringannya, pistol itu disebut seperti mainan.

Kemudian untuk anggota Brimob, mereka menggunakan pistol otomatis asal Eropa. Selain itu juga ada Ingram Mac-10 yang diproduksi di Amerika Serikat (AS).

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut