get app
inews
Aa Read Next : TNI Bakal Bangun 37 Kodam Baru di 2024, Salah Satunya di IKN dan Pembangunan Pasukan Marinir

Mengintip Kehebatan Pasukan Elite Sat-81 Kopassus, Denjaka Marinir, dan Satbarvo Kopasgat

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 19:00 WIB
header img
Denjaka adalah Pasukan Khusus yang berada di bawah Korps Marinir TNI AL. Foto IG @pasukan_antiteror_tnial

2. Denjaka Korps Marinir

Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka adalah satuan di bawah Korps Marinir TNI AL sehingga berkedudukan langsung di bawah Dankormar dan sebagai pelaksana utama dari Panglima TNI. Anggota dari Denjaka diambil dari dua satuan yang dimiliki TNI AL yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib). Denjaka dibentuk atas dasar instruksi Panglima TNI yang ditujukan kepada Komandan Korps Marinir pada tanggal 13 November 1984.

Denjaka memiliki tugas sebagai anti teror meliputi anti-bajak kapal laut, anti-bajak pesawat udara, segala bentuk teror dalam aspek laut/udara/darat, perang kota/hutan/pantai/laut sabotase, serta sebagai intelijen dan kontra intelijen.


Pasukan hantu laut Detasemen Jala Mangkara Korps Marinir TNI AL saat melakukan latihan. Foto Ist

Pendidikannya berlangsung selama 6 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, anggota Denjaka akan dibekali materi tentang Teknik dan taktik anti-teror dan anti-sabotase, intelijen, dasar-dasar spesialisasi, komando kelautan, dan keparahan lanjutan.

Pendidikan yang serius membentuk pribadi individu anggota Denjaka memiliki keterampilan dan kemampuan yang mumpuni serta mampu menjalankan tugasnya. Keberhasilan pasukan khusus ini pun sudah terbukti dalam beberapa penugasan dan operasi baik di dalam maupun di luar negeri.
 
Salah satu keberhasilan dalam tugas Denjaka yang sudah dilakukan adalah saat evakuasi korban pesawat AirAsia QZ-8501 pada tahun 2015.  

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut