get app
inews
Aa Read Next : Organisasi Profesi Kesehatan di Sumut Bertekad Wujudkan Semangat Baru Pasca Pandemi Covid-19

Baru 3 Kabupaten/Kota di Sumut Gelar Vaksin Boster II Nakes, Dinkes Sumut: Stok Vaksin Cukup

Kamis, 04 Agustus 2022 | 15:38 WIB
header img
(Foto: Istimewa).

MEDAN, iNewsMedan.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara telah menggelar vaksinasi Boster tahap kedua kepada para tenaga kesehatan (Nakes) di tiga wilayah di Sumatera Utara. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara, dr Syarifah Zakia mengatakan bahwa saat ini masih tiga daerah yang mereka terima laporannya yang sudah melakukan Boster tahap kedua. 

"Yang sudah melakukan lounching di RSUP Haji Adam Malik Medan dan ada 2 kabupaten/kota yang sudah melaporkan jika mereka sudah Boster II yakni Kota Binjai dan Kabupaten Toba," kata Syarifah, Kamis (4/8/2022).

Syarifah menjelaskan bahwa saat ini ada 93.508 nakes di wilayah Sumatera Utara. Di mana, untuk jumlah vaksin Boster tahap kedua mencukupi bagi para nakes. 

"Kalau vaksin Boster II ini cukup untuk nakes kita. Namun, kami belum menerima data keseluruhan nakes yang sudah di vaksin dan yang belum divaksin," jelasnya. 

Syarifah berharap dengan adanya vaksinasi Boster tahap kedua ini seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan (Faskes) menyediakan vaksin Boster kedua. 

"Diharapkan semua rumah sakit dan Faskes sudah menyediakan Boster II. Untuk wilayah yang sudah melaporkan Boster II ada Kabupaten Toba dan Kota Binjai, dan yang lainnya akan kami monitoring selanjutnya," harap Syarifah. 

Syarifah menambahkan, untuk vaksinasi Boster tahap kedua ini baru diperuntukkan untuk nakes. Namun, untuk masyarakat umum belum disediakan. 

"Untuk sementara waktu Boster II hanya disediakan untuk tenaga kesehatan.  untuk Boster II pada masyarakat belum disediakan," tambah Syarifah.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut