get app
inews
Aa Read Next : Momen Suami di Sumedang Selamatkan Istri dari Angin Puting Beliung

5 Deretan Pemimpin Negara dengan Istri Terbanyak

Sabtu, 23 Juli 2022 | 10:00 WIB
header img
Bung Karno dan Haryati (foto: dok Instagram)

JAKARTA - Presiden menjadi salah satu orang yang selalu diperhatikan di dalam negara yang dipimpinnya. Baik dari gaya kepemimpinan hingga kharismanya tidak akan luput dari perhatian publik.

Tidak hanya dirinya, orang-orang di sekitar pemimpin atau presiden turut pula mendapatkan perhatian publik, terutama istrinya atau ibu negara. Beberapa pemimpin dari berbagai negara di dunia ada yang menikah lebih dari satu kali, sehingga memiliki banyak istri.

Berikut ini daftar presiden atau pemimpin negara dengan istri terbanyak seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. King Abumbi II

King Abumbi II merupakan seorang raja di Bafut, Republik Kamerun. Sebuah tradisi unik di wilayah ini adalah jika ada seorang laki-laki yang meninggal, maka dia akan mewariskan istrinya yang masih hidup kepada anaknya. Hal ini terjadi pula pada King Abumbi II, Raja Bafut ke11.

Abumbi II memiliki 100 orang istri, 28 orang di antaranya merupakan istri King Abumbi II sendiri, sedangkan sisanya adalah warisan dari sang Ayah. King Abumbi II juga memiliki 500 anak dari 100 istri tersebut. Dalam tradisi negara ini, para istri sangat penting dalam tugasnya sebagai pemimpin, karena dapat melestarikan budaya dan tradisi lokal masyarakat Bafut.

2. Raja Mongkut Rama IV

Raja Mongkut Rama IV merupakan seorang pemimpin asal Thailand. Di negara ini hukum poligami adalah legal, dengan menamai hukum tersebut yaitu Kodmai Laksana Pua Mia. Hukum ini membagi istri menjadi tiga kategori yaitu istri pertama (mia luang), istri kedua (mia noi), dan istri budak (thasa phalay). Hal ini membuat raja-raja di Thailand memiliki banyak istri dan selir.

Raja Mongkut Rama IV, yang memimpin Thailand sejak 1851 hingga 1868, memiliki 32 istri. Para istri pada masa kepemimpinan Raja Mongkut Rama IV ini tidak hanya berperan untuk kebutuhan biologis, tetapi juga untuk kepentingan politik dengan menjadi perpanjang tangan dalam mengintegrasikan berbagai permukiman kerajaan. Selain itu, para istri juga berperan dalam urusan sosial kemasyarakatan di Thailand. Dari 32 istri tersebut, Raja Mongkut Rama IV memiliki 82 orang anak.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut