get app
inews
Aa Read Next : KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono Berpengalaman Terbangkan Jet Tempur F16, Su30 serta Su27

Kisah Haru Danpaspampres Sering Tinggalkan Keluarga Demi Tugas Negara, Sempat Dipanggil Om oleh Anak

Selasa, 19 Juli 2022 | 10:30 WIB
header img
Marsekal Pertama TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, Kopaskhas yang kini menjabat Danpaspampres. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Marsekal Pertama TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, menceritakan kisahnya selama bertugas menangani konflik di sejumlah daerah.

Wahyu Hidayat mengecap hidup penuh ketegangan ketika menjadi bagian dari pasukan elite TNI AUPaskhas kini berubah nama menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). 

Saat itu dia ikut terjun dalam penanganan konflik di Aceh, kerusuhan di Ambon, gejolak di Timor Timur, konflik di Papua, serta guncangan keamanan di berbagai sudut Indonesia lainnya.

Tas selalu siap untuk dibawa pergi bertugas. Bahkan, kalau bisa, pakaian bertugas pun selalu melekat pada tubuh karena dirinya harus selalu di dalam kondisi siaga. Tidak ada yang tahu kapan kerusuhan akan meledak dan panggilan untuk bertugas dapat datang sewaktu-waktu.

Terlebih, saat itu personel pasukan elite TNI AU tidak terlalu banyak, hanya 2.000 orang. Situasi tersebut mengakibatkan Wahyu kerap harus meninggalkan istrinya,​​​​​​ Neneng Roheni dokter gigi PNS di TNI AU untuk bertugas. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut