get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sosok Natalia Devita Purnama, Raih Gelar Magister Kimia ITB di Usia 22 Tahun

Berikut Daftar Kampus Para Presiden Indonesia, Apa Saja?

Jum'at, 15 Juli 2022 | 07:30 WIB
header img
Soekarno. (Foto IG PDIP).

Susilo Bambang Yudhoyono - AKABRI, IPB, dll

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merupakan salah satu presiden yang berasal dari kalangan militer. Ia memiliki riwayat pendidikan yang cukup panjang.

Pria kelahiran Pacitan pada 9 September 1949 ini menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri.

Namun, setelah lulus SMA, SBY memutuskan masuk Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri).

Setelah itu, ia meneruskan pendidikan ke Amerika Serikat, yaitu di Airborne and Ranger Course, Fort Benning, AS, pada 1976. Selain di Amerika Serikat, SBY juga memperkaya pengetahuan militernya di Panama, Belgia, dan Jerman.

SBY pun kembali ke Tanah Air untuk meneruskan pendidikan militer di Indonesia. Presiden Indonesia ke-6 ini juga menimba ilmu di luar bidang militer karena ia tercatat sebagai lulusan Master of Art (MA) dari Management Webster University, Missouri, AS.

Di tahun 2004, SBY juga berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ekonomi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Joko Widodo - UGM

Joko Widodo (Jokowi) merupakan Presiden Indonesia ke-7. Ia menjabat sebagai presiden dalam dua periode sejak tahun 2014.

Pria yang lahir di Surakarta (Solo) ini mengenyam pendidikan di SDN 112 Tirtoyoso, lalu melanjutkan ke SMPN 1 Surakarta hingga SMAN 6 Surakarta.

Selepas SMA, Jokowi merantau ke Yogyakarta karena diterima sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM), jurusan kehutanan. Saat kuliah, ia diketahui aktif di kegiatan kemahasiswaan.

Jokowi tergabung sebagai Mahasiswa Pecinta Alam Silvagama. Pada 1985, Jokowi berhasil lulus dan meraih gelar Sarjana Ilmu Kehutanan. Dengan latar belakang pendidikannya, Jokowi memulai bisnis di bidang kayu.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut