get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sosok Natalia Devita Purnama, Raih Gelar Magister Kimia ITB di Usia 22 Tahun

Berikut Daftar Kampus Para Presiden Indonesia, Apa Saja?

Jum'at, 15 Juli 2022 | 07:30 WIB
header img
Soekarno. (Foto IG PDIP).

Abdurrahman Wahid - Universitas Al Azhar Mesir dan Baghdad University

Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid, atau yang kerap disapa Gus Dur, merupakan presiden yang memiliki latar belakang pendidikan formal Islam. Gus Dur lahir di Jombang, 7 September 1940.

Setelah menamatkan SMP, ia menimba ilmu di Pesantren Tegalrejo di Magelang, lalu ke Pesantren Tambakberas di Jombang. Selepas itu, Gus Dur memperoleh beasiswa dari Kementerian Agama untuk melanjutkan pendidikan di Al-Azhar University, Kairo, tahun 1964.

Saat itu, Gus Dur menetapkan jurusan Studi Islam sebagai pilihannya. Gus Dur kemudian pindah kampus. dengan melanjutkan studi ke Irak, tepatnya di Baghdad University. Pada tahun 1970, Gus Dur berhasil meraih gelar sarjana Sastra Arab.

Megawati Soekarno Putri - Unpad dan UI

Megawati Soekarno Putri merupakan putri Presiden Soekarno dan menjadi presiden perempuan pertama di Indonesia. Presiden RI ke-5 ini bersekolah di Perguruan Cikini Jakarta, sejak SD hingga SMA.

Setelah lulus SMA, Megawati meneruskan pendidikan di Universitas Padjadjaran (Unpad), tepatnya di jurusan pertanian. Namun, status mahasiswa ia rasakan hanya dari 1965 sampai 1967

Ia tidak bisa menyelesaikan kuliahnya karena kondisi sosial politik saat itu. Namun di tahun 1970, Megawati kembali duduk di bangku kuliah dengan menempuh pendidikan di Universitas Indonesia (UI) jurusan psikologi.

Sayang, lagi-lagi perempuan kelahiran Yogyakarta ini tak bisa merampungkan pendidikannya. Di antara alasannya karena sang ayah meninggal dunia.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut