get app
inews
Aa Read Next : Optimalisasi Asset Sumber Daya Manusia di Era 4.0 untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia

Ini 5 Nama Desa Lucu di Indonesia, Dijamin Ngakak

Selasa, 12 Juli 2022 | 09:00 WIB
header img
Nama Desa Lucu di Indonesia (Foto: Twitter)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa nama desa lucu yang terletak di Indonesia ini terbilang unik dan menarik untuk diulas. Mengingat, nama sebuah daerah biasanya dilatarbelakangi sebuah peristiwa sejarah atau yang pernah terjadi di kawasan tersebut.

Namun, dari sekian banyak desa di Indonesia, beberapa diantaranya memiliki nama yang unik dan lucu. Desa apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima nama desa lucu di Indonesia

Nama Desa Lucu di Indonesia

1. Desa Mewek

Bagi masyarakat Purbalingga, Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama desa yang satu ini. Desa Mewek ini berada di Kecamatan Kalimanah, Purbalingga.

Meski terdengar lucu, namun ternyata ada kisah sedih dibalik penamaan Desa Mewek ini. Dalam bahasa Jawa, “mewek” sendiri memiliki arti menangis. 

Dinamakan Desa Mewek untuk menggambarkan kesedihan warga desa setelah kalah dalam perang melawan Belanda. Sebenarnya, nama desa ini sempat diubah oleh seorang lurah yang saat itu menjabat menjadi Desa Rejasari. Namun, hal tersebut tidak berjalan dan warga desa tetap memilih menggunakan nama Desa Mewek ini hingga sekarang.

2. Desa Montok

Desa Montok ini berada di Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Nama desa ini berasal dari leluhur yang menemukan mentimun dan kacang hijau di salah satu wilayah di desa. 

Dalam bahasa Madura, mentimun dan kacang hijau disebut ‘temon’ dan ‘otok’. Dari hal ini, kemudian kepala desa setempat sepakat menggabungkan dua kata tersebut menjadi nama desa, yaitu Montok yang merupakan singkatan dari Temon dan Otok.

3. Desa Toket

Meski terkesan tidak senonoh, namun nama Desa Toket ini nyatanya memang ada, lho. Kata ‘toket’  sering digunakan untuk menyebut payudara. 

Desa Toket ini terletak di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur. Tak hanya terkenal memiliki nama yang lucu, Desa Toket ini juga dikenal sebagai wilayah penghasil batik terbaik di Pamekasan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut