get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Medan 9 April 2024

Jelang Idul Adha, Kebutuhan Pokok di Medan Bertahan Mahal

Selasa, 05 Juli 2022 | 10:40 WIB
header img
Jelang Idul Adha, kebutuhan pokok di Medan bertahan mahal

MEDAN, iNews.id - Kurang dari sepekan sebelum Hari Raya Idul Adha, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat di Kota Medan bertahan mahal. Cabai merah masih mencatatkan kenaikan harga yang paling tinggi diantara sejumlah harga kebutuhan pokok lainnya.

Seorang pedagang di Pasar Halat Medan, Merry mengatakan, harga cabai merah masih berkisar Rp80.000 hingga Rp90.000 per kilogram. Namun, tetap waspadai potensi kenaikan harga cabai merah karena di Riau cabai merah mencapai hingga Rp127.000 pr kilogram.

"Menjelang Idul Adha ini daya beli masyarakat juga masih landai karena harga cabai dan turunannya masih cukup tinggi. Masyarakat yang datang pun hanya membeli paling banyak sekilo dari biasanya hingga dua kilogram," ujar Merry, Selasa (5/7/2022).

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menuturkan, secara keseluruhan, di Sumut harga cabai merah sejauh ini berada dalam rentang Rp80.000 per kilogram (Sidempuan) hingga Rp100.000 per kilogram (Gunung Sitoli). Secara poin to poin dibandingkan bulan Mei, harga cabai merah pada saat ini sudah naik hampir 3 kali lipat. Selain cabai merah cabai rawit juga masih bertahan mahal dikisaran 65 ribu hingga 70 ribu per kilogramnya. Paling mahal ada di siantar sekitar 90 ribu per kilogram.

Bawang merah juga masih bertahan mahal. Meskipun belakangan ini harganya turun, namun bawang merah masih berada di kisaran 50 ribuan per kilogram. Berdasarkan PIHPS, harga bawang murah di kota siantar mencatatkan harga yang paling murah 47 ribu per kilogram. Berbeda dnegan bawang merah, harga bawang putih yang sejauh ini stabil dengan tidak bergejolak.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut