get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Antonius-Komando Usul Modernisasi Pertanian untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Karo

Setelah 6 Tahun, Patung Jamin Ginting Diresmikan 

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:30 WIB
header img
Patung Letjen Jamin Ginting seorang pahlawan nasional Republik Indonesia dari Tanah Karo diresmikan di Titik KM Nol Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Selasa (28/6/2022).

Riahna menceritakan rencana patung ini karena terinspirasi melihat patung Jenderal Sudirman di Jakarta yang kala itu dia mengatakan keinginannya kepada sang ibu, yakni Ny Likas Tarigan.

"Maka, saya bilang kepada ibu saya yang waktu itu masih hidup untuk membuat patung di Jalan Jamin Ginting, tetapi Jalan Jamin Ginting tidak ada trotoarnya, jadi tidak bisa kesampaian. Namun tiba-tiba lokasi tempat dibangun ini kosong, jadi saya bilang untuk meletakkan patung Jamin Ginting ditempat saat ini dibangun," terangnya.

Melihat lokasi dan lahan yang kosong, Riahna pun meminta izin kepada pemerintah setempat lalu kepada Wali Kota Medan, dan diizinkan tanpa hambatan. 

Riahna menuturkan, proses perizinan hingga pembangunan patung Letjen Jamin Ginting dimulai pada Oktober 2021 dan selesai serta diresmikan dalam tempo waktu enam bulan. 

Lebih lanjut, Wali Kota Medan, Bobby Nasution menuturkan kembali bagaimana perjuangan anak dari Letjen Jamin Ginting untuk bisa menempatkan patung ayahnya. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut