Peneliti Ekonomi Digital SIGMAPHI, Gusti Raganata, memaparkan berdasarkan data bahwa angka pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat sejak tahun 2020 sampai awal tahun 2022 dari 2.97% menjadi 5.01%.
Dia juga mengatakan pada saat terjadi pandemi, ada sektor ekonomi yang mengalami penurunan, namun ada juga sektor ekonomi yang justru cenderung meningkat, salah satunya yaitu E-Commerce.
Menurut data yang bersumber dari hootsuite, pada Januari 2021 tercatat pengguna internet di Indonesia mencapai 73,7% dari total populasi, tentunya sebagian besar pengguna tersebut merupakan pengguna E-Commerce. Beliau juga mengatakan bahwa ada beberapa alasan masyarakat Indonesia memilih untuk menggunakan E-Commerce dalam kehidupan sehari-hari, kualitas produk yang baik, layanan pengiriman yang variatif, layanan pengiriman cepat, dan fitur tracking pengiriman yang baik.
Dia memaparkan data yang menyatakan bahwa produk fashion, makanan dan minuman, serta peralatan rumah tangga adalah beberapa kategori produk yang paling diminati di E-Commerce yang ada di Indonesia.
Adapun beberapa platform E-Commerce yang menjadi favorit di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Lazada, dan Blibli. Masing-masing platform tersebut memiliki admin fee yang berbeda-beda.
Editor : Ismail