Dia juga mendorong masyarakat untuk memulai memasarkan produk lokal secara digital. Produk yang telah dipasarkan secara digital, tentu memiliki peluang untuk menembus pasar internasional.
Menurutnya, produk-produk lokal masih harus berjuang untuk merajai pasar di negeri sendiri. Dan salah satu tantangannya adalah soal jaringan pemasaran.
”Saat ini kita bisa melihat bahwa antusiasme masyarakat di dunia digital sudah sangat besar sehingga eksistensi sebuah produk atau brand di dunia digital sangat penting agar dapat menjangkau para konsumennya. Selain itu bagi yang sudah nyaman menggunakan strategi pemasaran secara offline, persaingan penjualan produk di dunia digital akan menjadi sebuah tantangan besar bagi mereka yang sama sekali tidak mengenal pemasaran dengan digital. Maka tidak heran jika banyak pelaku usaha yang sudah berdiri sejak puluhan tahun tiba-tiba gulung tikar karena tidak bisa menyesuaikan perkembangan zaman," pungkasnya.
Editor : Ismail