get app
inews
Aa Read Next : BPD se-Indonesia Hadir di Danau Toba, Bank Sumut Promosikan Wisata Sejarah Bung Karno

5 Tarian Tradisional Asal Sumatera Utara Ini Punya Makna dan Bisa Bikin Semangat, Baca Yuk

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:00 WIB
header img
Tarian dari Sumatera Utara yang wajib diketahui (Foto: Indonesia tourism)

JAKARTA, iNews.id - Tarian tradisional merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan oleh setiap generasi kedepannya. Terutama, anak muda yang berasal dari Sumatera Utara.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki keberagaman budaya dan kesenian, salah satunya seni tari yang berbeda-beda di setiap daerah.

Sumatera Utara menjadi salah satu daerah yang mempunyai beragam tarian khas. Beragam seni tari yang ada di Sumatera Utara tersebut mempunyai ciri khas dan maknanya masing-masing. 

Nah, lantas apa saja sih tarian dari Sumatera Utara? Berikut 5 tarian dari Sumatera Utara, lengkap dengan maknanya, seperti dirangkum pada Rabu (8/6/2022).

1. Tari Tortor

Tarian dari Sumatera Utara lengkap dengan maknanya yang perlu diketahui adalah tari tortor. Ini merupakan tarian tradisional suku Batak yang berasal dari provinsi Sumatera Utara. Tarian dari Sumatera Utara yang satu ini menjadi bagian penting dalam adat suku Batak. Tari Tortor juga menjadi salah satu tarian dari Sumatera Utara yang populer di Indonesia. 

Melalui tarian ini, masyarakat Batak menyampaikan harapan dan doa-doa. Untuk maknanya, tarian Tortor mempunyai arti yang menjelaskan tentang bagaimana proses menghargai dan memberi penghormatan antar marga sebagai bentuk membangun hubungan yang baik.

2. Tari Serampang 12

Kemudian, ada Tari Serampang 12. Tarian dari Sumatera Utara ini juga menjadi tarian yang populer. Tarian ini diciptakan oleh Guru Sauti, pria kelahiran asli Sumut. Tarian Serampang 12 ini ialah perpaduan dari gerak Melayu Deli dengan dua belas macam gerakan. Terkait makna, arti dari Tari Serampang 12 adalah penggambaran tentang kisah cinta dua anak manusia saling mencintai yang akhirnya menikah dan direstui kedua orang tua.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut