get app
inews
Aa Read Next : Tropicana Slim Konsisten Ajak Masyarakat Cegah dan Lawan Diabetes di Indonesia

Polusi Udara Bisa Tingkatkan Diabetes, Cek Faktanya

Sabtu, 18 Juni 2022 | 07:00 WIB
header img
Ilustrasi Polusi Udara. (Foto: Freepik)

Polusi udara dapat membahayakan kesehatan manusia. Hal itu juga bisa berdampak buruk bagi yang mengalaminya.

Polusi udara pun bisa menyebabkan berbagai penyakit, pada kesehatan paru dan pernapasan, polusi udara bisa berefek akut mulai dari iritasi mukosa, iritasi saluran napas atas dan bawah, peningkatan serangan asma hingga risiko keracunan gas toksik. Sementara dampak jangka panjangnya meliputi penurunan fungsi paru, kanker paru hingga kematian.

Tapi, Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, menyebut polusi udara juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

"Polusi udara dapat meningkatkan risiko diabetes melalui mekanisme peningkatan stres oksidatif, peradangan kronis," kata dia merujuk pada penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Therapeutic Advances in Endocrinology and Metabolism.

Menurutnya, polutan dapat mengganggu metabolisme glukosa dan insulin dan bahkan dapat mengganggu metabolisme lemak tubuh. Hubungan antara polusi udara dan risiko diabetes juga diperkuat temuan studi dalam jurnal Lancet Planetary Health pada Juli 2018 dan Diabetes ada Juli 2017.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut