Waspada, Jejak Digital Bisa Hancurkan Karir Masa Depan

Ismail

JAKARTA, iNews.id-  Pegiat IT, Hasbil Mustaqim Lubis, mengatakan jika setiap orang perlu mewaspadai jejak digital untuk karir masa depan. Dia mengatakan jejak digital adalah rekam data digital yang tertinggal dengan sengaja atau tanpa sengaja di dunia digital seperti media sosial, website, email, data profil, dan sebagainya. 

"Jejak digital dapat mengungkapkan begitu banyak hal mengenai diri seseorang yang berasal dari aktivitasnya di internet. Jejak digital digunakan untuk membangun gambaran profil yang sesuai dengan lokasi, kelompok, perilaku, dan minat seseorang," ujarnya dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Selasa (27/4).

Hasbil mengatakan jejak digital memiliki peran penting di dunia kerja karena sering digunakan sebagai tolak ukur HR dalam menyeleksi kandidat. Menurut Kominfo, beberapa parameter yang digunakan untuk melihat calon karyawan antara lain adalah sosial media, foto-foto, interaksi yang dilakukan, serta lingkaran pertemanan. 

"Maka dari itu, setiap orang diharapkan dapat berhati-hati dan waspada dalam menggunakan internet agar memiliki jejak digital yang baik agar tidak merugikan karirnya di masa depan," ungkapnya.

Habsil juga memberikan beberapa langkah-langkah untuk menjaga jejak digital di internet agar tetap baik dan bersih. Pertama adalah selalu periksa ketersediaan informasi pribadi di internet. 

"Masukkan nama di kolom pencari dan lihat apakah ada identitas diri di dalamnya. Kedua adalah menghapus email dan berhenti berlangganan mailing list atau newsletter. Berhenti berlangganan tersebut dapat menghentikan tersebarkan info pribadi lebih banyak," terangnya.

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network