Legislator: Agar Terhindar dari Dampak Negatif Media Digital, Pahami Nilai-nilai Pancasila

Ismail
Ada kenaikan sebesar 2,1 juta orang memakai internet untuk melakukan aktivitas di ruang digital.(Foto Ilustrasi Kominfo)

JAKARTA, iNews.id- Wakil Ketua Komisi I DPR RI, H. Anton Sukartono Suratto, mengatakan jika Indonesia merupakan bangsa yang memiliki banyak suku dan budaya yang beragam. Walaupun terdapat banyak sekali perbedaan, masyarakat Indonesia dilihat tetap dapat hidup berdampingan satu sama lain dengan rukun dan damai, salah satunya karena masyarakat Indonesia menganut nilai-nilai Pancasila.

"Pancasila merupakan nilai yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di saat era digital dimana terdapat banyak perubahan dalam cara hidup manusia. Kehidupan bangsa Indonesia yang berlandaskan Pancasila diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia dan masyarakat Indonesia dapat menyebarkan nilai-nilai Pancasila ke seluruh dunia dengan mudah dan cepat," sebut Anton dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Selasa (19/4).

Selain menyebarkannya kepada bangsa lain, masyarakat Indonesia juga perlu untuk memahami kembali nilai-nilai Pancasila agar tidak terkena dampak negatif dari media digital, terutama pada generasi muda yang merupakan pengguna internet terbesar di Indonesia. Dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila tersebut, metode penyampaian harus sesuai dengan perkembangan media digital saat ini sehingga penyampaiannya haruslah menarik, sederhana, dan mudah dipahami oleh generasi muda.

"Penguatan nilai Pancasila dapat berpengaruh dalam membangun sikap positif di era digital terutama pada generasi milenial. Maka dari itu, perlu dibuat metode khusus agar penanaman Pancasila dapat dilakukan dengan baik kepada seluruh generasi agar Pancasila tidak ditinggalkan di era digital ini,"tutur Anton.

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network