Keren, Kantor Pos Medan Berusia 111 Tahun Akan 'Disulap' Jadi Ruang Kreatif Publik Generasi Muda

Jafar
Direktur PT Pos Properti Indonesia, Tjatur Setiowati saat mempresentasikan gedung Kantor Pos Medan, Selasa (12/4/2022). (Foto: Jafar)

Gedung Kantor Pos Medan ini sejak ratusan tahun yang lalu telah menjadi salah satu landmark Kota Medan bersama dengan gedung-gedung lain di sekitarnya seperti Balai Kota, Bank Indonesia, hingga Hotel De Boer. Uniknya, arsitektur Gedung Kantor Pos Medan ini tidak sepenuhnya bergaya Eropa seperti Gedung era kolonial lain yang ada di sekitarnya, namun ia mengadopsi pula karakter lokalitas setempat. 

"Kantor Pos Medan akan direvitalisasi untuk dijadikan Pos Bloc, sebagai wadah dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Insya Allah revitalisasi Kantor Pos Medan akan dilakukan pada tahun ini dan nantinya Pos Bloc akan dijadikan sebagai tempat nongkrong warga Medan dikarenakan toko kreatif, co-working, studio digital hingga Live House akan dibangun di dalamnya. Pengembangan Kantor Pos Medan akan melestarikan bangunan bersejarah sekaligus menaikkan kelas UMKM lokal," tulis Walikota Medan, Bobby Nasution via akun Instagram @bobbynst.

Direktur PT Pos Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setiowati mengatakan keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan dari PT Pos Indonesia, di mana sebagiannya merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan kolonial Belanda. 

"Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda jaman kini merupakan satu keunikan tersendiri. Dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah dikombinasikan dengan penciptaan ruang-ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia," kata Wati saat persentasi gedung dan program Pos Bloc Medan di kantor Pos Medan kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

Dengan adanya Pos Bloc Medan nantinya, Wati berharap akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengeksplorasi daya kreatifitas mereka sehingga mampu menghasilkan karya-karya berdaya jual tinggi. 

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network