Ombudsman Beberkan Akar Kelangkaan BBM: Distribusi Pertamina Amburadul

Ismail
Ombudsman RI yang turun melakukan sidak ke dua terminal penampung BBM Pertamina di Belawan, Kamis (4/12/2025). Foto: Istimewa

Ombudsman menilai kualitas pelayanan publik Pertamina buruk dan menuding perusahaan tidak memiliki mitigasi yang layak untuk menghadapi kelangkaan pasokan. Bahkan, dari perspektif pelayanan, Pertamina disebut tidak kompeten karena risiko operasional justru dibebankan kepada masyarakat.

Ombudsman mendesak Pertamina melakukan perbaikan layanan dan memberi kompensasi kepada warga terdampak kelangkaan BBM, misalnya melalui program tanggung jawab sosial atau promo harga lewat platform MyPertamina.

Kepala Ombudsman Sumut, Herdensi Adnin, menegaskan pentingnya mitigasi dan kesiapan cadangan pasokan. Menurutnya, kelangkaan BBM bisa memicu efek berantai, termasuk terganggunya distribusi logistik dan kenaikan harga kebutuhan pokok yang pada akhirnya memicu inflasi.

“Pertamina harus paham bahwa kelangkaan BBM punya dampak sistemik. Ini seharusnya bisa dipikirkan lebih matang,” kata Herdensi.

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network