Jelang Ramadhan Perbaiki Diri dan Siapkan 3 Hal Ini 

Vitrianda Hilba Siregar
BULAN Ramadhan sebentar lagi tiba dan saat masih di pertengahan bula Syaban. Menjelang masuknya bulan suci maka ada beberapa hal yang perlu diketahui Muslim. (Foto: Freepik)

BULAN Ramadhan sebentar lagi tiba dan saat masih di pertengahan bula Syaban. Menjelang masuknya bulan suci maka ada beberapa hal yang perlu diketahui Muslim.

Berkata Al-Hafizh Ibnu Rajab rahimahullah :

قال الحافظ ابن رجب -رحمه الله- :

“لما كان شعبانُ كالمقدمة لرمضان، شُرعَ فيه ما يُشرَعُ في رمضان، من الصيامِ وقراءةِ القرآن؛ ليحصُل التأهُبُ لتلقي رمضان، وترتاضَ النفوسُ بذلك على طَاعةِ الرحمنِ”.

لطائف المعارف لمواسم العام من الوظائف : (ص ٢٥٨ )

”Karena bulan Sya’ban seperti mukadimah bulan Ramadhan, maka disyariatkan di (bulan Sya’ban) apa-apa yang disyariatkan dalam bulan Ramadhan, seperti berpuasa, membaca Alquran, Agar tercapai kesiapan untuk menyambut Ramadhan dan jiwa akan terlatih dengan hal itu untuk mentaati Ar-Rahman ‎(di bulan Ramadhan)".

Abu Syamil Humaidy menjelaskan, mengutip Lathaa’iful Ma’aarif li Mawasim al-‘Am Minal Wazhaif ‎ hal 258, Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah berkata :

  قال شيخنا محمد بازمول حفظه الله .

هذا الأخير عن ابن رجب ليس على اطلاقه إنما هو لمن كان له صيام يعتاده … كما دلت عليه الاحاديث

المصدر : مجموعة البركة مع أكابركم

"Ini yang terakhir dari Ibnu Rajab rahimahullah, tidak (berlaku) secara mutlak. Akan tetapi berlaku bagi orang yang puasa merupakan kebiasaan baginya. Sebagaimana hadits-hadits menunjukkan akan hal itu.

Perbaiki Diri Sebelum Ramadhan

Amru bin Qois-rahimahullah-menuturkan :

"طوبى لمن أصلح نفسه قبل رمضان"

"Sungguh beruntung bagi siapa yang memperbaiki dirinya sebelum masuk Ramadhan".

Menyambut Ramadhan dengan takwa, tobat dan ilmu juga disampaikan Asy-Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Baz rahimahullah,

نصيحتي للمسلمين جميعاً أن يتقوا الله جل وعلا، وأن يستقبلوا شهرهم العظيم بتوبة صادقة من جميع الذنوب، وان يتفقهوا في دينهم وأن يتعلموا أحكام صومهم وأحكام قيامهم

"Aku nasehatkan kepada kaum muslimin untuk bertakwa kepada Allah Ta'ala, dan menyambut bulan yang agung ini dengan taubat yang jujur dari segala dosa, dan hendaknya mereka mendalami ilmu agama, mempelajari hukum-hukum puasa dan hukum-hukum Qiyam Ramadhan." (Lathoif Al-Ma'arif, hal.138)

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network