Metode Penelitian ini menggunakan metode assosiatif dengan pendekatan kuantitatif, bagaimana suatu Variabel memiliki keterkaitan atau Hubungan dengan variabel yang lain, atau apakah suatu variabel dipengaruhi oleh variabel yang menjadi penyebab Perubahan, variabel yang menggunakan fungsi statistik.
Pengaruh antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan bermain alat musik piano, mempelajari tentang teori musik kepada mahasiswa dapat merangsang daya pikir dan daya belajar yang baik, mengembangkan dan meningkatkan kualitas memainkan alat musik piano.
Semakin efektif pemanfaatan sumber belajar perpustakaan, maka diduga semakin tinggi pula kualitas bermain alat musik piano bagi Mahasiswa.
Pengaruh antara pengetahuan teori musik dengan bermain alat musik piano dan pengetahuan teori musik merupakan kemampuan kognitif yang paling mendasar atau merupakan fundasi dalam mempelajari lagu lagu dan memainkan alat musik piano.
Dengan demikian bahwa semakin efektif pembelajaran teori musik, maka akan meningkatkan pengetahuan tentan bermain alat musik piano dan diduga pula semakin tinggi hasil belajar bermain alat musik piano maka efektif pula hasil belajar mahasiswa. Jadi dapat diduga bahwa ada Hubungan antara Pengetahuan Teori Musik dan Hasil Belajar dalam Bermain alat Musik Piano Mahasiswa.
Kesimpulan bahwa, pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan variabel pengetahuan tentang teori musik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar teori musik.
Editor : Chris