Sarangbaung di Nias seperti Pulau Hantu, Tujuan Wisata tapi Puluhan Rumah Kosong Ditinggal Pemilik

Jonirman Tafonao
Pulau Sarangbaung di Nias yang dulunya ramai dihuni, kini berubah menjadi pulau yang seperti pulau hantu. Foto: Jonirman Tafonao

NIAS, iNewsMedan.id - Pulau Sarangbaung, yang dulunya ramai dihuni, kini berubah menjadi pulau yang seperti pulau hantu. Puluhan rumah kosong ditinggalkan pemiliknya begitu saja. Rumah-rumah tersebut terbengkalai seperti tempat bernaungnya hantu. 

Selain puluhan rumah kosong, fasilitas umum yang terbengkalai menjadi saksi bisu dari peristiwa gempa dahsyat yang mengguncang Nias pada tahun 2005.

Menurut penuturan warga setempat Eka Kurniawan Telaumbanua, penduduk Pulau Sarangbaung memilih meninggalkan pulau yang indah ini karena trauma akan gempa dan tsunami.

Mereka berharap bisa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak mereka dengan pindah ke daerah yang lebih aman dan memiliki fasilitas pendidikan yang lebih lengkap.

"Dulu, pulau ini sangat hidup. Tapi setelah gempa, semua berubah," ungkap Eka Kurniawan Telaumbanua, salah seorang warga Nias Utara.

Meskipun demikian, keindahan alam Pulau Sarangbaung tetap memikat banyak pengunjung. Pulau ini kini menjadi destinasi wisata yang populer bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih asli.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network