Wujudkan Sinergitas, Lapas Medan dan Polda Sumut Lakukan Pendataan KTA POLSUSPAS

Jafar
Lapas Medan dan Polda Sumut Lakukan Pendataan KTA POLSUSPAS. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan melakukan koordinasi dengan Direktorat Binmas Kepolisian Daerah Sumatera Utara terkait dengan pendataan Kartu Anggota Khusus Pemasyarakatan (POLSUSPAS) pada Lapas Kelas I Medan, Jumat (6/9/2024).

Kegiatan ini merupakan wujud dari sinergitas Lapas Kelas I Medan dengan Aparat Penegak Hukum lain khususnya Polda Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui, Lapas dan Rutan memiliki polisi khusus yang sering disebut dengan nama Polsuspas (Polisi Khusus Pemasyarakatan) yang merupakan Sebuah Korps Polisi Khusus sekaligus PNS (Pegawai Negeri Sipil) pusat dibawah Kementerian Hukum dan HAM yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengawasan, pembinaan, keamanan, dan keselamatan narapidana dan tahanan.

Hadir dalam kegiatan, Kasi Keamanan, Sufranto Bonatur Sinaga, Kasi Pelaporan dan Tata Tertib, Frenki Hamonangan Turnip, dari Binman Polda Sumut, Ipda Tani Erinawaty Saragih, Bripka Evin Simanjuntak.

Terpisah, Kalapas Kelas I Medan, M. Pithra Jaya Saragih dalam kesempatannya kepada Humas menyampaikan apreasiasi terhadap koordinasi yang dilakukan.

“Ya seperti yang kita ketahui anggota Polsuspas tentu merupakan petugas yang sudah mengikuti seleksi yang ketat, baik TES SKD berbasi CAT, SKB yang meliputi kemampuan jasmani dan sebagainya, selanjutnya juga mengikuti Pendidikan dengan kemampuan semi – militer, baik fisik, kemampuan menembak menggunakan senjata api, bela diri dan lainnya,” Jelas Kalapas.

“Maka dari itu, dalam pelaksanaan tugas tentunya dipersenjatai baik tongkat T, senjata gas air mata, senjata api, dan juga memiliki kartu Tanda Anggota Kepolisian Khusus (KTA) dan juga lisensi menggunakan senjata api dari Kepolisian,” Jelas Kalapas.

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network