Trik Promosi Efektif ala Sofyan Tan untuk Kuliner Khas Medan

Ismail
Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan saat membuka acara Bimtek Keterampilan Public Speaking dalam Meningkatkan Produk Ekonomi Kreatif di Medan, Kemenparekraf/Baparekraf di Hotel Santika Dyandra, Medan, Senin (19/8). (Ist)

Terakhir lanjutnya, jangan bohong dan berlebihan dalam menyampaikan. Kejujuran penting dalam upaya meyakinkan orang lain. Itulah menurutnya yang disebut public speaking dalam memasarkan produk ekonomi kreatif.

Hadir dalam acara Inspektur II Inspektorat Kemenparekraf Franc Orlando SH MH, Ketua Tim Norma Standar Prosedur dan Kriteria Budiyanti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Zumry Sulthony, narasumber Muchlis Anwar serta peserta yang hadir dari pelaku industri ekonomi kreatif di Sumut.

Inspektur II Inspektorat Kemenparekraf Franc Orlando SH MH mengatakan ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari sumber daya manusia (sdm) kreatif. Pengembangan ekonomi kreatif sangat penting dilakukan mengingat Indonesia sedang mengalami bonus demografi dimana usia produktif mendominasi. “Bonus demografi ini jika tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi bencana demografi dan beban bangsa,” ujarnya.

Untuk itu Kemenparekraf berkolaborasi dengan Komisi X DPR RI menggelar beragam bimtek yang mendorong pelaku ekonomi kreatif utk lebih berkembang dan melahirkan banyak kreasi baru. Dalam kesempatan itu Kemenparekraf memberi apresiasi pada Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan yang kerap memberikan masukan dan teman berdiskusi yang baik bagi kemenparekraf dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Zumry Sulthony mengatakan tingkat kunjungan wisatawan di Sumut terus meningkat dari bulan ke bulan dibanding tahun 2023. Menurutnya hal ini sejalan dengan apa yang sudah dilakukan anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan dan Kemenparekraf yang terus-menerus tak henti-hentinya menggelar banyak event dan bimtek pariwisata ekonomi kreatif di 2024.

Zumry mengatakan bimtek public speaking yang digelar saat ini sangat bermanfaat dalam melahirkan calon-calon pelaku ekonomi kreatif yang cakap dan mumpuni. Karena, promosi wisata saat ini sudah berubah pola. Akan sangat efektif jika promosi wisata melibatkan influencer.

Setiap influencer punya style masing-masing dalam membangun public speaking ke followernya. Ada yang serius, ada yang konyol dan ada juga yang terus bercanda. Untuk itu dia berharap bimtek public speaking dapat melahirkan influencer yang cakap dalam promosi destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif.

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network