Tahun Berat Menanti, Pelaku Ekonomi Kreatif Didorong Bertahan

Ismail
Anggota Komisi X DPR RI, dr. Sofyan Tan saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Keterampilan Public Speaking untuk Peningkatan Produk Ekonomi Kreatif di Medan di Hotel Le Polonia, Jalan Jend. Sudirman, Medan, Minggu (18/8).(ist)

MEDAN, iNewsMedan.id – Anggota Komisi X DPR RI, dr. Sofyan Tan, mengingatkan bahwa tahun 2025 akan menjadi masa yang penuh tantangan bagi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beban utang yang akan jatuh tempo, mencapai lebih dari Rp 800 triliun setiap tahun. 

"Jika utang sudah membengkak, biasanya akan diikuti dengan kenaikan pajak dan harga. Tahun-tahun mendatang akan menjadi tahun yang berat," ujar Politisi PDI Perjuangan itu saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Keterampilan Public Speaking untuk Peningkatan Produk Ekonomi Kreatif di Medan. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) di Hotel Le Polonia, Jalan Jend. Sudirman, Medan, pada Minggu (18/8). 

Mengutip data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, utang yang jatuh tempo pada 2025 mencapai Rp 800,33 triliun, melonjak dibandingkan 2024 yang sebesar Rp 434 triliun. Bahkan, pada 2026 dan 2027, angka utang jatuh tempo masih tinggi, yaitu masing-masing Rp 803,19 triliun dan Rp 802,61 triliun. 

Sofyan Tan berharap para pelaku ekonomi kreatif dapat bertahan dan terus mengembangkan usaha mereka. Dengan begitu, dampak dari beban utang seperti kenaikan pajak dan harga dapat diminimalisir bagi sektor ekonomi kreatif. 

Ia juga mendukung berbagai kegiatan bimtek yang digelar oleh Kemenparekraf di Medan sepanjang 2024. Menurutnya, pelatihan-pelatihan semacam ini penting untuk meningkatkan kualitas pemasaran, sehingga mampu menarik lebih banyak minat dari masyarakat. 

Dalam konteks bimtek public speaking yang saat ini digelar, Sofyan Tan menekankan pentingnya kemampuan berbicara di depan publik untuk meningkatkan pemasaran produk.

“Public speaking membantu kita untuk lebih percaya diri, menguasai produk, dan menyampaikannya dengan gestur tubuh yang menarik,” ungkapnya. 

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network