Dinas Kesehatan Sumut Kirim Tim Khusus ke Nias Selatan Atasi KLB Malaria dan DBD

Ismail
Penanganan kasus Malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Nias Selatan semakin diperkuat dengan kehadiran tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (Ist)

Berbagai langkah penanggulangan telah dilakukan oleh pihak terkait. 

"Kami telah membentuk posko di Teluk Dalam yang dikoordinasikan oleh Sekda Nias Selatan, serta pos penanggulangan KLB DBD dan Malaria di Pulau Tello dan Pulau Simuk," ungkap Basarin. 

Selain itu, koordinasi dengan BPBD Provinsi Sumatera Utara juga telah dilakukan pada Jumat, 16 Agustus 2024, untuk mempercepat penanganan di lapangan. 

Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sumut akan melaksanakan tugas-tugas penting dalam penanggulangan KLB DBD dan Malaria, termasuk skrining, pengobatan, dan pemantauan minum obat Malaria. Mereka juga akan melakukan penyelidikan epidemiologi, pelacakan kontak erat, pengendalian vektor, dan fogging di berbagai wilayah yang terdampak. 

Selain itu, penyuluhan kepada masyarakat juga menjadi bagian dari upaya penanggulangan yang dilakukan oleh tim. 

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Tim Pusat untuk melakukan Mass Fever Survey (MFS) dan Mass Blood Survey (MBS) sebagai bagian dari upaya memutus penyebaran parasit Malaria dan menemukan kasus aktif," terang Basarin. 

Lebih lanjut, Basarin menyampaikan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. 

"Pada Senin, 19 Agustus 2024, Kepala Dinas Kesehatan Nias Selatan akan turun ke lapangan bersama Danramil, dan pada Rabu, 21 Agustus 2024, Bupati Nias Selatan bersama Forkopimda akan mengunjungi Pulau-Pulau Batu untuk memantau langsung situasi di sana. Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut juga akan ikut turun ke lapangan," ungkapnya. 

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network